Lihat ke Halaman Asli

Tips Ringan ketika Mendapati "SMS Mama Minta Pulsa"

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13895363422103547538

Tips Ringan Ketika Mendapati Modus Penipuan " SMS Mama Minta Pulsa"

[caption id="attachment_315419" align="aligncenter" width="300" caption="ilustrasi : tekno.liputan6.com"][/caption]

Ternyata modus SMS Mama minta pulsa sampai saat ini belum juga tamat riwayatnya ya. Tentu bagi Anda yang pernah mendapatkan pesan singkat seperti itu seringkali merasa gemas bahkan kesal ketika mendapatinya. Padahal Anda sudah mengetahui kalau pesan singkat itu adalah benar-benar SMS penipuan. Tapi bagaimana ya cara menghadapinya ketika mendapatkan pesan singkat seperti itu lagi. Halnya pernah dialami oleh penulis sendiri. Inilah tips ringannya.

1. Jangan ditanggapi serius ketika SMS itu masih terkirim di ponsel Anda

Terkadang saking Anda merasa gemas dan bosan dengan SMS seperti iu Anda sering terpancing. Anda emosi dan tak terkendali. Ingin memarahi si pengirim tersebut. Padahal tips yang paling mudah adalah Anda hiraukan saja, jangan pedulikan SMS itu. Kalau perlu ketika menerima SMS  itu langsung Anda hapus saja. Mudahkan. Tak perlu dianggap serius dengan SMS itu kembali.

2. Simpan nomor pengirim SMS tersebut

Jika perlu Anda simpan nomor  pengirim SMS Mama minta pulsa itu di ponsel Anda berapa kali-kali. Anda buat folder tersendiri di ponsel Anda nomor-nomor pengirim SMS tersebut. Jika sudah banyak Anda tidak apa-apa melaporkan kepada pihak berwajib. Maka dari itu penulis  sarankan jika dapat SMS Mama minta pulsa dan jenis semacam SMS itu jangan langsung Anda hapus atau hilangkan. Kalau perlu Anda bisa meng-save di ponsel Anda sebagai barang bukti modus penipuan.

3. Boleh Anda membalas SMS itu sesekali dengan nada candaan

Jika Anda memang penasaran dengan SMS, Mama minta pulsa di ponsel Anda. Tidak apa-apa Anda membalas SMS itu dengan nada candaan. Jangan dianggap serius atau marah-marah. Balaslah dengan SMS candaan saja seperti Anda SMS dengan sanak-suadara dan sahabat Anda sendiri. Guna untuk yang mengirimkan SMS itu agar merasa keki sendiri dengan kiriman SMS Anda.

4. Informasikan kepada sanak-saudara dan sahabat Anda  jika mendapatkan SMS Mama minta pulsa

Ini yang harus Anda lakukan jika mendapatkan SMS Mama minta pulsa, informasikan kepada sanak-saudara dan sahabat Anda. Jika mendapatkan SMS macam itu janganah panik atau naik pitam. Tapi diterima dengan santai dan bersikap bijak. Agar tidak termakan emosi oleh SMS modus penipuan itu. Itulah yang perlu Anda lakukan untuk menginformasikan segera kepada mereka.[]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline