Lihat ke Halaman Asli

ODOS # 25 : Yang Buta Matanya Bukan Hatinya!

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Yang Buta Matanya Bukan Hatinya!

Mendengarkan lagu "Buta Tuli" karya cipta H. Rhoma Irama a.k.a Bang Haji yang sedang mengalun di MP3. Membuat saya jadi teringat dengan kejadian di rumah teman saya kemarin, Kamis (15/05) bakda shalat ashar.

Memang hari itu saya usai pulang dari toko buku langsung silaturahim ke rumah teman. Apalagi hari itu libur nasional, libur hari raya Waisak. Jadi sempatkan untuk sowan ke rumahnya.

Beruntung teman saya itu ada di rumah bersama anak anaknya sedang berkumpul di ruang tamu. Jadi saya lega untuk datang. Akhirnya saya pun di rumah bermain dengan anak anaknya. Apalagi mereka sudah akrab dengan saya jadi tak ada rasa caggung lagi.

Sampai shalat ashar saya pun berjamaah di masjid bersama teman saya dan anaknya. Dan usai shalat asharlah peristiwa yang membuat termenung sekaligus tersentil dengan apa yang terjadi.

Sepulang dari masjid usai menunaikan shalat ashar saya teman saya dan anaknya berbarengan dengan salah satu jamaah. Ia adalah seorang bapak bapak yang sudah hampir senja usianya. Dengan kondisi pengelihatannya-ma'af- buta. Tuna netra.

Ternyata bapak bapak itu adalah tetangga dari teman saya. Walau tidak berdekatan rumahnya tetapi satu RT. Tapi ia sudah kenal dengan bapak itu. Akhirnya terjadi pertistiwa yang tak terduga sepulang dari bakda ashar di masjid.


"Temboknya habis dicat ya?" tanya bapak tuna netra itu kepada teman saya.



"Iya baru dicat, Pak!" tukas teman saya pelan.


Saya menyaksikan percakapan itu hanya diam. Melihat apa terjadi selanjutnya.

"Catnya warna ungu, ya!"

Dengan saya langsung terkejut bukan kepalang. Apa yang dikatakan bapak itu benar adanya. Cat tembok itu berwarna ungu. Saya kembali melihat tembok yang dicat itu. Dan ternyata benar!

"Iya, Pak! Catnya berwarna ungu." teman saya kembali memberitahukan dengan sabar sambil memegangi tubuhnya. Tetapi ditolak karena bapak itu bisa jalan sendiri dengan bantuan tongkat sebagai penunjuk jalan.


Dan teman saya itu pun membiarkannya. Karena rumah bapak itu sudah dekat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline