Lihat ke Halaman Asli

MARI, Berwirausaha Melalui Media Sosial Facebook

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan zaman yang pesat ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi dikalangan masyarakat, saat ini dunia seperti dalam gengaman segala hal informasi dapat diakses dalam satu jaringan melalui sebuah media pendukung seperti komputer, laptop dan gadget, selain penerimaan informasi yang cepat, teknologi ini mematahkan jarak untuk dapat berkomunikasi, dengan teknologi kita dapat menjalin komunikasi dengan siapapun dan kapanpun serta dimanapun, jaringan ini disebut internet.

Internet merupakan singkatan dari interconnected network, internet merupakan dunia tanpa batas internet adalah dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi wilayah teritorial negara tertentu. Dengan demikian tak ada batasan yang menghalangi untuk dapat berkomunikasi dan memperoleh informasi dari belahan dunia manapun inilah bukti bahwa internet mematahkan jarak  untuk dapat berkomunikasi.

Media sosial termasuk  aplikasi berbasis internet, media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi. Berbagi dan menciptakan isi. Jejaring sosial dimana seseorang dapat membuat web page pribadi kemudian terhubung teman-teman untuk terhubung dengan teaman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Namun saat ini tak harus bersusah-susah untuk mengakses internet yang harus menggunakan media penunjang yang besar dan sulit untuk dibawa kemana-mana, saat ini mobile phone telah dilengkapi oleh sistem aplikasi yang mampu mengakses jaringan internet. Mobile phone tertentu telah dilengkapi aplikasi berupa situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blackberry messenger, line dll, melalui jejaring sosial tersebut kita dapat bebas membangun connect ke khalayak, salah satu contohnya facebook situs ini banyak di,manfaatkan oleh anak-anak muda sebagai ajang apresiasi diri sebagai ajang curhat bebas menulis apapun dan berisi  interaksi interaktif  didalamnya melalui tulisan.

Apa yang anda pikirkan? begitulah tulisan yang tertera pada baris awal halaman beranda, tentu saja apa yang kita pikirkan dan rasakan kita tulis tak jarang facebook juga dijadikan media saling serang antar personal karena jadinya terjadi perang dimedia sosial muncul tulisan-tulisan yang kurang etis untuk dibaca, sebagai ajang peterngkaran akhirnya menjadi ajang arena tempur bagi ababil-ababil. Banyak kita jumpai hal yang seharusnya disimpan dan menjadi privacy diumbar dalam beranda akun facebook. Sudah sepantasnya kita lebih bijak untuk memanfaatkan media sosial yang ada, tidak perlu mengotori beranda orang lain dengan status-status yang kurang berguna , saat ini sudah banyak media sosial yang digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti halnya memulai berwirausaha dengan sistem online memanfaatkan media online yang ada.

Wirausaha Online

Berwirausaha dengan cara murah dan praktis, mengapa demikian? tentunya untuk mendirikan sebuah usaha dibutuhkan sebuah modal. Seperti yang dijelaskan dalam kamus besar bahasa Indonesia pengertian wirausaha sama dengan pengertian wiraswasta yaitu orang yang pandai dan berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, memasarkan serta mengatur permodalan operasinya, modal yang harus dimiliki bukan hanya modal materi saja namun banyak penunjangnya, seperti yang telah dijelaskan pada definisi wirausaha sebelumnya.

Ada 4 (empat) hal yang harus dimiliki oleh wirausahawan yaitu knowladge (pengetahuan), skill (keterampilan), modal dan network (jaringan). Dalam mendirikan usaha keempat hal ini harus dan wajib dimiliki. Pengetahuan didapatkan melui banyak hal bisa melalui pendidikan atau terinsipirasi melalui pengusaha-pengusaha sukses maka secara perlahan kita akan mampu membaca peluang. Skill adalah kemampuan kita untuk mampu mengeksekusi peluang usaha yang akan kita geluti termasuk teknik untuk membuat inovasi terhadap produk yang akan ditawarkan, modal disini modal salah satunya untuk memulai sebuah usaha mustahil adanya bila tak ada persedeiaan finasial lebih karena  usaha membutuhkan biaya produksi. Networking adalah jaringan sangat penting adanya, yaitu sasaran dari produk yang kita akan tawarkan sebagai media untuk memperkenalkan produk atau promosi agar dikenal orang banyak sehingga orang menjadi penasaran dan ingin menjadi konsumen kita.

Murah, berwirausaha melalui media online facebook sangat low cost, kita tidak perlu menyewa tempat, kita tidak perlu membayar pajak, tidak perlu membayar karyawan.  Kita hanya mengeluarkan biaya untuk tetap tersambung dalam jaringan internet, kemudian mudah, sistem kerja dari usaha online ini sangat mudah dimana kita hanya cukup meng-uploud gambar dari produk yang akan kita tawarkan ke akun facebook kita secara otomatis itu akan masuk kedalam beranda orang-orang yang berteman dengan kita dalam facebook, bila ada yang berminat orang hanya perlu berkomentar saja, dengan modal terbatas kita bisa memulai usaha online ini..  kita tidak harus memiliki persedian barang untuk dijual seperti sistem bisnis ditempat harus memiliki persediaan barang yang membutuhkan modal besar, ketika ada permitaan baru pesediaan barang dilakukan.

Praktis, transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun mengapa demikian? Untuk memulai usaha ini tak akan menyita waktu karena kita cukup update saja melalui gadget atau ponsel pintar yang dimiliki, semua transaksi dilakukan dalam satu genggaman bila sudah ada kesepakatan antara penjual dan pembeli maka barang akan diproses dan dilakukan melalui jasa pengiriman barang yang saat ini sudah banyak tersedia seperti JNE, Tiki, Pos. Kemudian sistem pembayarannya transfer via rekening bank. Cukup mudah bukan sebagai anak muda usaha ini sangat cocok digeluti untuk menambah uang saku disampin belajar untuk mandiri berwirausaha dengan memanfaatkan media sosial yang ada dibandingkan harus mengumbar hal yang tidak baik sebagai ajang perkelahian antar ababil-ababil dan ajang mengumbar kemesraan yang seharusnya menjadi privasi, mulai sekarang lihat peluang yang ada bagi kita anak muda terus berkarya dan berkreativitas salah satu contohnya memulai bisnis online yang mudah, murah dan praktis.

Penulis: Kadek widhi wijayanti | Jakarta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline