Lihat ke Halaman Asli

Pepih Nugraha

TERVERIFIKASI

Bergabung selama 26 tahun dengan Harian Kompas sejak 1990 hingga 2016.

[Mengajar Menulis 5] Mulailah dengan Bercerita!

Diperbarui: 6 Desember 2018   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Sebenarnya ini bukan rahasia lagi, sudah menjadi pengetahuan umum. Orang-orang komunikasi umumnya paham betul. Penulis atau pembicara yang biasa berhadapan dengan khalayak (audiences) pasti sudah khatam dengan rumus sederhana ini: "hantam kesadaran publik dengan cerita"!

Sayangnya, banyak orang yang tidak mampu mempraktikkannya.

Sebagai penulis dan sesekali menjadi pembicara di berbagai kesempatan, saya paham betul akan psikologis para penulis "wa bil khusus" para pembicara saat tampil di depan publik, di depan kelas. Mereka sering terpenjara oleh egoisme diri sendiri; merasa diri hebat, merasa diri paling tahu, merasa orang lain "bodoh" dan perlu dikasih tahu.

Nah, mulai sekarang, bunuh sikap egomu itu, stupid!

(Jangan tersinggung dengan kata "stupid", saya hanya meminjam istilah dalam dunia jurnalistik yang sudah menjadi mantra tersendiri, yaitu KISS; Keep It Simple, Stupid!)

Tentu ini dengan catatan jika kamu mau komunikasi yang akan kamu bangun dan kembangkan diterima khalayak di depanmu. Jangan sekali-kali memakai rumus kuno bahwa kalau mau bicara lancar "anggaplah khalayak sekumpulan monyet!" Itu sama saja menganggap kamu babon atau rajanya simpanse.

Sudah, benamkan saja rumus kuno itu, tapi jangan terlau sadis juga seperti orang-orang Saudi membunuh jurnalis Jamal Khashoggi!

Jadi apa yang biasa saya lakukan saat saya membuka percakapan apalagi saat harus berbicara di depan umum? Itu tadi; BERCERITA.

Dalam cerita ada DRAMA, dalam drama ada KONFLIK. Maka, kata-kata kunci itulah yang saya gunakan saat saya mulai berbicara di depan publik, di depan khalayak. Kuncinya tidak lain "mengganggu" pikiran publik untuk berkonsentrasi menyatukan pikiran dan perhatian kepada apa yang akan saya katakan kemudian.

Contoh sederhana saat saya menyampaikan materi "Melawan Hoax dengan Menulis/Membuat Konten Bermanfaat di Medsos" di depan siswa, remaja dan orangtua dalam acara "Dekalarasi Damai Umat Paroki Ciputat St. Nikodemus, Bijak dan Cerdas Menggunakan Media Sosial", beberapa hari lalu.

Jauh-jauh hari sebelum acara itu dimulai saya cerewet bertanya kepada panitia siapa audiences yang bakal saya hadapi, siapa saja mereka. Ini upaya PROFILLING, meminjam istilah ilmu Intelijen, saya harus men-scan publik yang akan saya hadapi. Dari jawaban panitia itu saya mendapat satu kata kunci penting: KATOLIK.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline