Lihat ke Halaman Asli

Ini Amerika Bung, bukan Cina..!

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada kekesalan yang mendalam terpancar dari raut wajah temanku yang berasal dari  Pakistan  ketika lamaran kerjanya  di tolak dengan alasan karena tidak dapat berbahasa mandarin. Temanku yang berasal dari Pakistan ini sebenarnya pintar dan memenuhi kreteria yang di butuhkan, tapi hanya satu saja kekurangan dia...tidak dapat berbahasa mandarin..!

Seharusnya ini tidak  perlu terjadi menimpa temanku yang berasal dari Pakistan atau pada siapapun, toh, ini kan Amerika  bukan Cina. Jadi  sudah seharusnyalah mereka menggunakan bahasa inggris bukan berbahasa mandarin ..! Kalau mereka ingin mempertahankan adat dan bahasanya sendiri, yahh sudah  tinggal saja dan berbisnis di negerinya sendiri dan bukan disini ..!

Sudah beberapa kali aku mendapat curhat dari mereka yang di kecewakan oleh perusahaan perusahaan yang di bawah naungan bendera Cina, bahkan ada beberapa cerita yang pernah aku dengar dari teman teman sekantor yang ngomel ketika ada panggilan kerja, ternyata orang yang menginterview nya tidak lancar berbahasa inggris , bisa di bayangkan interview seperti apa yang mereka lakukan . Sebuah interview yang ngawur dan tidak nyambung  jadinya.

Ada beberapa kali, aku membaca tulisan orang yang ngomel ngomel di Los Angeles Craigslist , menumpahkan kekesalan serta kemarahannya terhadap perusahaan perusahaan Cina. Seharusnya dari awal mereka mencantumkan syarat, "harus pandai berbahasa mandarin" pada setiap lowongan kerjanya, kalau perlu tulis besar besar "LOWONGAN KERJA INI HANYA UNTUK ORANG CINA" . Tidak  heran bila di sini terjadi pengkotak kotakan pada dunia kerja.

Jadi teringat tadi siang, ketika aku pergi ke restauran A&W . Pemandangan yang sangat menyolok adalah semua karyawannya adalah bermata sipit berkulit putih, sepertinya mereka berasal dari Cina...dan ketika aku sampai didepan kasir, ternyata dugaanku tepat sekali. Si kasir  langsung maen hajar saja memakai bahasa mandarin, aku gelagapan dan langsung aku katakan kalau aku "TIDAK BERBAHASA CINA..!!".

Seharusnya  orang Cina bisa mencontoh kepada perusahaan perusahaan milik orang bule atau setidaknya bercermin pada supermarket  supermarket milik orang Vietnam, yang memiliki karyawan dari berbagai negara, etnis dan kultur yang berbeda.

Dan, sudah sepantasnya  para imigran dari negara Cina untuk   belajar bahasa inggris dan bukan memaksakan kehendaknya  sendiri di negara orang lain. Kalau ingin nyaman dengan berbahasa Cina saran saya lebih baik pulang saja ke negara Cina dan jangan pernah kembali lagi kesini karena ini Amerika bukan Cina..!

*********************************




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline