Lihat ke Halaman Asli

Proses Belajar: Membosankan atau Mengasyikkan

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1359383708856708532

Pada program “Belajar Secara Pintar” yang mulai kami luncurkan pada tahun 2004, kami melemparkan pertanyaan kepada para siswa-siswi SD, SMP dan SMA terkait pengalaman mereka dalam menjalani proses belajar. Jawaban mereka sungguh mengejutkan, sekaligus memprihatinkan! Kata mereka, “Belajar itu membosankan, bikin capek, ngantuk, bete, lemes, nggak penting, stres, dan terpaksa.”

Apakah proses belajar itu memang demikian? Sebagai orang tua, apakah Anda setuju apabila di kemudian hari anak Anda mempunyai pandangan negatif tentang proses belajar seperti para siswa tersebut di atas?

Anda dapat membuat anak Anda menyikapi proses belajar secara positif, bahkan menyukai belajar. Untuk ini, Anda perlu memahami hakekat dari proses belajar yang efektif dan mengubah paradigma Anda tentang proses belajar:

1.Proses belajar adalah proses perubahan. Proses belajar adalah proses mengubah perilaku, menambah pengetahuan dan pemahaman, serta meningkatkan keterampilan. Perubahan yang dituju tentunya adalah perubahan yang positif dan berorientasi pada kemajuan sang anak.

2.Proses belajar adalah proses aktif. Proses belajar mencakup aktivitas mengamati, mendengarkan, membaca, meniru, mencoba melakukan sesuatu sendiri, mengikuti petunjuk, dan mengulang (menghafal).

3.Proses belajar memerlukan upaya dan komitmen yang tinggi. Upaya ini harus datang dari Anda — sang orang tua — dan dari sang anak sebagai pihak yang diharapkan memetik buah kemajuan dari proses belajar. Ini berarti baik Anda maupun anak Anda harus mempunyai komitmen, semangat dan motivasi yang tinggi agar sang anak dapat belajar dengan baik dan dengan semangat.

4.Proses belajar adalah suatu gaya hidup. Apabila butir 1, 2 dan 3 dilaksanakan dengan baik dan konsisten, maka sang anak akan mempunyai ‘kehausan’ untuk belajar, serta menjadikan belajar sebagai gaya hidupnya! Sangatlah mungkin bahwa proses belajar akan dia amalkan terus seumur hidupnya.

Buku ‘Cerdas Mengajar’ kaya dengan puluhan kiat-kiat yang akan membuat proses belajar membuahkan perubahan positif dan hasil yang berorientasi ke arah kemajuan sang anak, serta mengupas cara menghafal dan membaca dengan cepat. Anda juga dapat menyimak faktor-faktor yang penting agar proses belajar sang anak menjadi optimum. Kalau belajar itu benar-benar menjadi gaya hidup sang anak, maka terwujudlah kenyataan bahwa BELAJAR ITU MENGASYIKKAN!

Sumber gambar: CerdasMengajar.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline