Lihat ke Halaman Asli

BAB Keras Berdarah dan Berlendir, Solusinya dengan Cara Sederhana Ini

Diperbarui: 28 November 2017   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pernahkah anda mengalami bab keras berdarah dan berlendir???itu merupakan salah satu gejala khas pada penderita penyakit ambeien atau wasir tahap awal. Ambeien atau wasir yaitu pembengkakan atau peradangan pembuluh darah disekitar anus.

Tetapi jangan khawatir, beberapa metode sederhana ini bisa anda jadikan solusi mencegah dan mengatasi masalah bab keras berdarah tersebut.

Cara terbaik untuk mencegah ambeien (BAB berdarah dan berlendir) adalah menjaga agar tinja tetap lunak dan bisa dikeluarkan dengan mudah. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan:

Mengonsumsi makanan kaya serat. Lebih banyak makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi makanan jenis ini akan melembutkan tinja dan meningkatkan jumlah yang dikeluarkan.

Minum banyak cairan. Minumlah 6 hingga 8 gelas air setiap hari, ini juga bertujuan agar tinja tetap lunak.

Hindari megejan kuat atau berlebihan. Mengejan dan menahan napas saat mencoba mengeluarkan kotoran akan menciptakan tekanan lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.

Segera BAB jika sudah kebelet, jangan menunda. Jika anda menunggu bab hingga keinginan itu hilang maka tinja bisa menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.

Berolahraga. Jika terlalu lama berdiri atau duduk, usahakan tetap aktif untuk membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Berolahraga juga dapat membantu menurunkan kegemukan, karena gemuk juga menjadi salah satu penyebab bab keras berdarah dan berlendir.

Hindari mengangkat benda berat,jika terpaksa mengangkat, maka jangan menahan napas saat mengangkat.

Jangan terlalu lama duduk terutama pada saat anda ditoilet, karena bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Jika anda dalam keadaan hamil, tidurlah dalam posisi miring. Mengapa harus demikian??? Posisi tidur miring bisa menurunkan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan membantu mencegah BAB keras berdarah dan berlendir (ambeien).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline