Lihat ke Halaman Asli

Hendra Setiawan

penerbit_jabal@yahoo.com

Mau Bantu Turki? Bantulah Wisata ke Turki Sekarang

Diperbarui: 16 Juli 2016   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Walau hanya sebentar, 10 hari. tahun 2013 saya pernah ke turki. di sana saya melihat betapa turki mengelola pariwisata dengan baik. ada polisis khusus wisata, tur leadernya pun harus bersertifikat. mereka menjaga antara mitos, sejarah dan cerita dengan baik. story dan history dibiarkan terbuka dengan berbagai penafsiran.


karena terkenalnya turki, umroh plus lebih banyak ke turki di banding negara lain.


Di Istanbul kita bisa lihat wisata peninggalan kerajaan islam, di Troy kita bisa lihat peninggalan yunani,di ephesus ada peninggalan yunani, di capadocia ada gereja bawah tanah. 


ada juga wisata mitos, seperti last home maria magdalena, kolam renang cleopatra. dan lain lain. Sesuatu yang mungkin tidak masuk akal. masa cleoptara jauh jauh mandi ke turki. tapi ini menarik. orang orang yang ingin cantik tentu saja ingin berendam di kolam renang bekas cleopatra itu.


Turki berusaha menjadi negara yang dikunjungi terbanyak di dunia. ingin mengalahkan perancis. sayangnya dengan banyaknya bom, pengungsi suriah dan terakhir kudeta. cita cita itu mungkin tinggal impian.

Ekonomi turki meningkat drastis, bukan karena dari sumber daya alamnya. Turki malah mengimpor bahan bakar dari rusia. bukan juga karena industrinya. apa produk turki yang terkenal di indonesia ? karpet ?


ekonomi turki tumbuh karena wisata. dengan uang yang dihasilkan dari wisata itu turki mampu membiayai 2 juta pengungsi suriah, mampu membuat jalan dan jembatan bagus dimana-mana.


sekarang dengan kudeta, ekonomi turki saya prediksi tambah jatuh.


bila ingin membantu turki, datanglah ke turki. berwisata ke turki. Sekarang pesawat yg ke turki dan hotel turki pasti murah. ini kesempatan. ke turki dengan niat membantu turki bangkit dan mendapat harga yang murah.
berminat ?

:)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline