Lihat ke Halaman Asli

Sekali Lagi: Genosida dan Rohingya

Diperbarui: 6 September 2017   03:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dua kata ini menjadi trending minggu ini.

Terlepas dari ingar bingar berita yang terjadi, mari lepaskan sejenak ketegangan atau kontroversi yang terjadi, cobalah Ujilah pengetahuan Anda dengan kuis kata yang membahas akhiran kata pembentuk -sida yang merupakan bentuk serapan dari suffix atau akhira -cide dalam bahasa Inggris.

Kata berakhiran -cide dalam bahasa Inggris telah diserap menjadi -sida dalam bahasa Indonesia. Beberapa daftar kata yang bisa Anda jumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diantaranya adalah:

antasida, antioksida, bakterisida, biosida, dioksida, diopsida, fungisida, genosida, germisida, glikosida, glukosida, herbisida, hidroksida, hidroperoksida, insektisida, insektisida, mikrobisida, mitisida, monoksida, nematosida, oksida, peroksida, pestisida, rodentisida, silisida, rodentisida, silisida, vermisida.

Sementara dalam bahasa Inggris kata-kata berikut adalah yang berakhiran -cide

acaricide, algaecide, algicide, amebicide, amoebocide, bactericide, biopesticide, coincide, decide, deicide, excide, fratricide, fungicide, genocide, germicide, herbicide, homicide, infanticide, insecticide, larvicide, liberticide, matricide, microbicide, miticide, molluscicide, nematicide, nematocide, neonaticide, nonfungicide, ovicide, oxyuricide, parasiticide, parenticide, patricide, pesticide, predecide, prosuicide, redecide, regicide, rodenticide, scabicide, schistosomicide, spermatocide, spermicide, suicide, tyrannicide, viricide, virucide, viruscide,.

Mana dari kata-kata di atas yang Anda kenal? Tanpa melihat kamus atau meng-googling. Tulis arti beberapa kata dalam daftar tersebut yang Anda ketahui artinya dalam komentar di bawah atau ikuti kuis ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline