Meneliti merupakan salah satu tugas utama dosen. Selama ini program penelitian dikelola oleh lembaga. Belum dilakukan berbasis edukasi terprogram yang melibatkan seluruh dosen. Cara kelola lembaga cenderung bersifat kompetisi. Kurang diarahkan pada tataran kewajiban sebagai tugas utama sebagai dosen.
Pendekatan kompetisi kurang mendapat respon yang positif bagi dosen, masih sangat terbatas, dan kurang menarik bagi disiplin keilmuan selain pendidikan. Ada sebagian dosen yang beralasan karena masalah biaya. Lebih dari itu penelitian kurang mendapat penghargaan tinggi.
Program penelitian yang ditawarkan oleh lembaga pada dosen, idealnya tidak dikompetisikan. Namun, menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap dosen. Setiap dosen dalam melaksanakan tugasnya wajib melakukan penelitian. Dosen hendaknya selalu berupaya melakukan penelitian dan updating informasi
Peran lembaga sejatinya memfasilitasi dan menyediakan pendukung pelaksanaan penelitian. Fasilitas program yang perlu dipersiapkan seperti; program diklat dan mentoring metodologi penelitian. Mentoring tersebut meliputi kemampuan identifikasi, analisis masalah, menyusun rancangan program penelitian, kemampuan menyusun instrumen dan memvalidasinya, penguasaan metode penelitian, pelaksanaan penelitian berdasarkan jenisnya, mengolah data, menyusun laporan. Kemudian, dilanjutkan dengan penelitian secara individu/berkelompok. ...
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI