Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Edukasi Madrasah Pemilu Dipresentasikan di Pertemuan Internatiomal

Diperbarui: 15 September 2023   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Mas Arief Budiman 

Kooreinator Jurnalis Warga Brebes untuk pemilu mendapatkan kesempatan untuk presentasi pada Regional Conference (strengthening electoral integrity in southeaat-asia : leasson learned from five years on respect program implementation) di Bali 14-15 September 2023. 

"Tokoh agamawan berperan penting dalam perubahan perilaku masyarakat, terutama dalam pendidikan pemilu, mereka masih menjadi tokoh kunci dalam penyebarluasan informasi, hanya saja masih dianggap tabu sebagian masyarakat  saat ada ustad/ustadzah bicara politik pemilu, karena bukan kapasitasnya, dan inilah tantangan atas perubahan yang ada," ungkap Bahrul Ulum. 

Ulum menambahkan, kolaborasi kemitraan  antara komunitas dengan lembaga penyelenggara pemilu sebenarnya sangat baik, karena masih ada warga yang punya hak pilih, lalu paham jadwal pemilu, apa perbedaan pemilu sekarang dengan yang akan datang, kalau ada money politik, bagaimana untuk bisa melaporkan. 

Regional Conference Bali (Dokpri)

Peran kerja para anggota jurnalis warga untuk pemilu  memberikan pemahaman yang lebih kepada anggota komunitasnya,  terlebih saat komunitas Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah Brebes mampu untuk menyebarluaskan informasi berkaitan pemilu dan pemilukada. 

Direktur Eksekutif PPMN Santi mengapresiasi kerja-kerja Koordinator JW Brebes dan Komunitas yang sudah MOU dengan Bawaslu, atas kiprah para guru madrasah melalui FKDT. Kontribusi yang dilakukan di Brebes semoga dalam kesempatan yang sama bisa dicontoh oleh FKDT kabupaten/kota lain. 

"Sekolah dan Madrasah pemilu, menjadi saluran baik dalam perubahan perilaku warga apakah disekolah atau di madrasah, semakin banyak warga yang paham pemilu maka semakin bagus kualitas pemilu," terangnya. 

Sementara ditemlat lain, Ketua DPC FKDT Kabupaten Brebes, Sururi menyambut baik, ilmu yang dulu pernah diberikan dan kegiatan yang sudah diberikan kepada anggota FKDT, menjadi modal peningkatan kapasitas  yang menurutnya sangat bagus. 

"Terima kasih kepada KJW Brebes yang sudah menyampaikan kegiatan peran serta DPC FKDT dipertemuan international, komitmen kami masih tetap semangat dan siap bermitra, karena ini bagian dari ibadah ilmu untuk masa depan kepemimpinan negeri ini melalui peran serta dalam mensukaseskan pemilu yang berkualitas," paparnya. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline