Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Tukang Goroh, Lebih Baik Jangan Jadi Teman

Diperbarui: 20 April 2021   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kalau ada teman anda dalam berjanji ingkar, kalau bicara kadang dusta, maka jika ada yang punya ciri seperti itu lebih baik dihindari, karena sering berdusta. Jika mencari orang yang jujur, sholeh, sidik dan sopan kok susah maka menyingkirlah atau ujlah/menyendiri maka perbanyak dirumah. 

Begitu yang disampaikan oleh KH. Subhan Makmun selaku Pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi pada pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di Halaman Ponpes. Selasa (20/04/2021).

Lanjut Kyai Subhan, kalau ingin mencari teman akhirat maka lihat agamanya dulu yang sama, jika beda agama maka susah untuk menjadi teman sejati. Makanya jika beda agama lalu menikah maka tidak ketemu di akhirat. Teman yang tidak jujur itu seperti fatamorgana. Ia membuat dekat yang jauh darimu dan membuat jauh yang dekat darimu.

Kejujuran ini sangat penting karena ia akan memberikan informasi atau kabar yang valid dan akurat kepada kita. Setidaknya, ia membawa kabar apa adanya, bukan interpretasi atau tafsirnya atas informasi tersebut. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline