Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Limestone Bagus untuk Dasaran Awal Jalan

Diperbarui: 1 Februari 2021   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Limestone (Dokpri)

Limestone/ Calcium Carbonate (CaCO3) biasa kita kenal sebagai batu kapur atau batu gamping berada di gunung kapur. Semakin banyak gunung kapur bisa menyerap air saat ada hujan, kalau gunungnya diambilin terus berarti ada pengurangan serapan air. 

Di balik gunung kapur ternyata banyak gunanya, antara lain untuk dasaran tanah agar sedikit mengeras, dan bisa dijadikan dasaran agar saat buat akses jalan semakin kuat, tentunya limestone yang mentah, kalau sudah dibakar nanti bisa jadi bahan untuk adonan bangunan. Walaupun terkadang gamping juga digunakan sebagai bahan untuk pupuk dan pembasmi hama.

Kegunaan yang paling utama adalah sebagai bahan campuran untuk membuat semen, batu bata, dan bahan bangunan lain. Selain itu, batuan kapur juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran zat untuk pupuk dan pembasmi hama. Batuan kapur juga bisa menjadi campuran zat bagi para produsen air mineral untuk menjernihkan air.

Batu gamping mentah ini diurug di tanah lalu di doser dulu biar rata, kemudian di slender biar batu gamping yang masih gumpalan bisa langsung pecah dan akan bisa menjadi bahan pengeras, saat mobil melalui dasaran tanah tersebut tidak becek dan akhirnya mudah untuk dilaluinya. Hanya saja perlu ada batu blonos yang dipecah lalu di kasih bekhos agar batu ini tidak geser maka perlu di gilas slender sama dikasih pasir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline