Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Sup Ayam Balungan Rasa Mrica, Maknyos

Diperbarui: 25 Desember 2020   18:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sate Ayam Kampung dan Sup Ayam {Dokpri}

Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Jawa Tengah dikenal oleh kalangan penikmat kuliner adalah daerah yang memiliki warung makan sate terbanyak, sate ayam kampung khas jatibarang yang diolah menjadi sate ayam bakar, sop ayam balungan rasa mrica kalau dinikmati dengan kuah yang panas dan sudah dikasih bumbu khas, maka sekojor tubuh kita akan mengeluarkan keringat " gemrobos" rasanya tidak kecewa jika seseorang tamu dari jauh di ajak ke sup ayam balungan di wilayah Kecamatan Jatibarang. 

Saat penulis mencoba menggunakan mesin pencarian di mbah google, dengan menulis warung sate ayam kampung Kecamatan Jatibarang, maka muncul berbagai alternatif pilihan warung yang anda kunjungi, dari Warung Sate Ayam Bang Doel, Warung Sate Mbah Tariyah, Sate Ayam kampung Bang Giri, Griya Dahar Sate Djaya dan ragam warung sate kambing dan ayam yang bisa dipilih.

Jika memang pedagangnya asli keturunan Kecamatan Jatibarang, maka sindik satenya pakai lidi kelapa, tidak mudah membakar daging dengan pakai sapu lidi dan lidinya tidak terbakar, perlu trik dan tips bagi mereka dan bagi kita kadang praktek sendiri juga tidak bisa.

Jika lihat nilai gizi dari daging ayam broiler misalnya maka bisa dilihat Setiap 100 gram ayam broiler mengandung 295 kkal energi, 37 gram protein, dan 14,7 gram lemak. Sementara setiap 100 gram daging ayam kampung mengandung 246 kkal energi, 37,9 gram protein, dan 9 gram lemak. 

Jika ayam kampung maka nilai gizinya adalah Setiap 100 gram daging ayam kampung mengandung 246 kkal energi, 37,9 gram protein, 9 gram lemak.

Jadi energi kkal nya lebih tinggi untuk ayam broiler dibandingkan dengan ayam kampung. Sedangkan tingkat lemaknya ternyata ayam broiler lebih tinggi daripada ayam kampung, dan jika dilihat dari kandungan protein maka imbang antara ayam broiler dan ayam kampung. 

Tentunya anda tinggal memilih ayam mana yang akan dimakan, ayam broiler atau ayam kampung. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline