Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Service Kendaraan Berkala Itu Penting, Kenapa?

Diperbarui: 9 November 2020   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Service mobil (Dokpri)

Lama menunggu service kendaraan hal yang wajar karena menservice kendaraan juga butuh ketelitian, apalagi jika mobil anda selalu dirawat dengan rutin, maka kerusakan bisa diminimalisir, tapi kalau anda merasa bosen atau selalu dandan atau service melulu, dan ada uang cukup, ya alamatnya ganti baru sebagai cara jitu. 

Nmun kalau tetap pilihan menunda beli baru, maka rutinlah untuk setiap enam bulan lakukan service berkala, alasan pertama untuk menghindari penurunan performa kendaraan akibat komponen yang tidak terawat, atau aus atau berkarat maka penting untuk service kendaraan anda. 

Selain itu alasan kedua, mendapatkan rasa aman dalam berkendaraan karena kendaraan selalu dalam kondisi yang sehat dan prima, 

Alasan ketiga adalah komponen selalu terjaga kondisinya sehingga terhindar dari besarnya perbaikan komponen yang rusak, kelalaian sedikit berakibat fatal pada semua komponen, harusnya keluar uang sedikit jadinya banyak.

Apa saja yang perlu di check kendaraan secara berkala, pertama adalah oli mesin, oli transmisi dan minyak rem, kedua saringan oli, ketiga filter bensin, keempat busi, kelima air filter, dan keenam AC Filter. 

Kenapa Oli mesin dan oli transmisi dan minyak rem harus di check, alasannya karena akan berdampak kendaraan tidak bertenaga, boros bahan bakar, bunyi kendaraan tidak normal, keausan pada komponen kendaraan dan penurunan kinerja pengereman kendararn, wajar saat naik ke gunung atau ke dataran tinggi akan beresiko.

Saringan oli, ini adalah komponen untuk menyaring kotoran dan partikel lainnya agar tidak merusak kinerja mesin, kalau kotorannini masuk ke sistem mesin, maka akan muncul kebisingan dari mesin, oleh karena itu saat saringan oli kotor, maka bisa diganti atau dibersihkan.

Filter Bensin, komponen yang bertugas ubtuk menyaring bahan bakar yang masuk kedalam mesin sehingga terbebas dari kotoran, dampak dari komponen ini rusak maka kesulitn menyalakan kendaraan. 

Bagaimana dengan busi, sangat penting check busi karena busi bermanfaat untuk menjalankan mesin kendaraan, saat busi rusak atau kotor maka kendaraan tidak bertenaga, sahwat besar tenaga kurang.

Air Filter juga penting sahabat untuk di kontrol berkala, karena air filter itu untuk menyaring kotoran dan debu udara yang rusak ke mesin, dampak saat diabaikan, kendaraan anda akan boros di bahan bakar, kendaraan tidak bertenaga. 

Kalau AC Filter juga penting dirawat, pasalnya AC filter itu menjamin udara tetap bersih dan sehat penumpang di dalam kendaraan. Dampak tidak diganti biasanya bau yang kuranh sedap di kabin, boros pada bahan bakar karena performance AC yang buruk. Rejeki service AC kalau begini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline