Selamat hari pelanggan sedunia, hak konsumen harus dilindungi disaat melakukan transaksi. Pelanggan itu raja, penyedia layanan harus memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.
Contoh Pelanggan Air PAM, mereka setiap bulan membayar kewajibannya kepada perusahaan air minum daerah, maka perusda penyedia air minum ini harus menyediakan stok air agar menyala setiap hari, saat ada kerusakan atas pipa atau saluran dari hulu ke hilir maka harus memberitahu kepada pelanggannya, bisa lewat sms gateway atau saluran WA atau lainnya.
Hak dan Kewajiban sebagai pelanggan pun akan ditaati apabila layanan atas jasa yang diberikan melakukan SOP yang ada dan tetap melakukan kerja secara profesional sehingga pelanggan merasa terlayani dengan baik.
Banyak transaksi diera digital menggunakan aplikasi, sehingga seseorang pelanggan akan trust apabila aplikasi itu dibuat sesuai dengan kenyataan, ambil contoh nasabah jasa keuangan perbankkan. Nasabah ini menabung uangnya di bank tersebut, setiap bulan bank akan mengambil biaya administrasi dan juga memberikan bunga atas tabungan dan juga uang yang disimpan kena pajak.
Layanan bank yang baik bila memberikan layanan kepada nasabahnya tidak terbelit-belit, bayangkan jika menabung terus susah, maka nasabah tentunya akan malas untuk menabung, apalagi saat mengambil uang di bank harus menunggu lama, maka akan muncul dampak yang kentara, disinilah diperlukan model nasabah prioritas, dimana nasabah dilayani dengan cepat dan tidak menunggu lama.
Mengutip di seputarpengetahuan.com bahwa Pelanggan atau langganan adalah individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang jasa yang dihasilkan dalam ekonomi,atau pelanggan adalah seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada sebuah toko tertentu. Pelanggan juga sering disebut dengan klien, nasabah atau juga pasien tergantung pada sifat industri atau budaya.
Pelanggan adalah seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha. Demi mempermudah pengidentifikasian pelanggan, lebih baik kita klasifikasikan pelanggan sebagai seorang, organisasi atau pun instansi yang utuh, dan pada dasarnya semuanya mempunyai kebutuhan.
Layanan pelanggan yang mengalami perkembangan signifikan adalah layanan di sektor swasta dibandingkan dengan layanan birokrasi. Layanan di perusahaan swasta akan memberikan layanan yang cepat dan juga selalu inovasi dan kreatifitas tiada henti, berbeda dengan layanan yang di birokrasi, banyak pernak pernik yang harus dilakukan dengan prosedur berlapis dan panjang, banyak meja yang harus dilewati.
Penyedia layanan seperti domain atau hosting misalnya mereka juga sangat profesional dalam memberikan layanan, termasuk ketika membuat website kita juga harus melakukan progress kondisi hasil secara bertahap, semakin merawat pelanggam atau nasabahnya maka akan semakin banyak order dan imbasnya omset pun semakin bertambah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H