Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Mengenal TKSK sebagai Pengabdian Hidupnya

Diperbarui: 11 Maret 2020   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Kemensos

Setiap Kab/Kota dalam membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat Kecamatan ditugaskan oleh yang gesit, cekatan, dan trengginas, namanya Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan atau disebut TKSK. Mereka memiliki tugas dari Kementerian Sosial untuk membantu persoalan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Tugas yang diembannya sangatlah banyak yaitu meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kecamatan, melaksanakan koordinasi dengan potensi dan sumber kesejahteraan sosial dan meningkatkan kerjasama dan sinergi antara program kesos dengan program pembangunan di tingkat Kecamatan.

Penempatan TKSK per Kecamatan adalah satu orang,dengan wilayah cakupan adalah semua desa/kelurahan di Kecamatan tersebut.

Seseorang bisa menjadi TKSK bila memenuhi persyaratan, yakni usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 35 tahun, bukan PNS atau TNI/Polisi/Anggota Legislatif, berdomisi dan memiliki KTP di Kecamatan setempat, pendidikan minimal SMA dan sederajat, sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik, berasal dari pekerja sosial masyarakat dan/atau karangtaruna dan mampu menggunakan komputer.

Mereka yang menjadi TKSK akan diberikan peningkatan kapasitas baik, teknik melakukan pendampingan, pemberian sarana dan prasarana. Selain itu, para TKSK diberikan seragam, atribut dan mars. Seragam ada dua yaitu pakaian dinas lapangan dan pakaian dinas harian, sedangkan atribut TKSK itu ada tanda pengenal, logo kementerian sosial, logo TKSK dan ada tulisan TKSK.

Bagi yang telah ditugaskan sebagai TKSK masa jabatan adalah 5 tahun dan dapat diperpanjang. Mereka yang jadi TKSK hanya mendapatkan tali asih sesuai dengan kemampuan keuangan negara. Bagi yang berprestasi pada pengabdian TKSK mendapatkan piagam, plakat, piala dan insentif.

Anda tertarik dengan kerja-kerja sosial dan ingin dapat tali asih? Kayaknya menarik bergabung dengan TKSK, namun sayangnya lowongan TKSK kadang tidak begitu transparan dan masih menjadi batu loncatan bagi mereka yang kerja di sini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline