Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Rahat Peseduluran di Trimulya Pratama

Diperbarui: 7 Maret 2020   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Mufarokhah

Edisi unik di Lembaga PKBM Trimulya Pratama Dukuhmaja Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes yaitu makan bersama atau Rahat Peseduluran, bentuk pengikat tanpa seket antara pengelola dengan walimurid dan peserta didik. 

Pemilik PKBM Mufarokhah mengatakan, kegiatan ini adalah untuk menambah tali persaudaraan agar Suasana kekeluargaan tetap terjaga dengan baik. Makan bersama dilakukan bersama-sama  ibu walimurid PAUD KB Trimulya Star,  Sabtu ( 7/3/2020).

Makan bersama (Dok Mufarohah)

Filosofi yang dipetik dalam kegiatan ini, pertama saling kenal antara pengelola dengan walimurid, tidak ada perubahan status sosial yang muncul, kedua memperkuat nilai-nilai kekeluargaan, mereka bisa bercerita keluh kesah termasuk masukan yang positip untuk membangun sebuah peradaban yang lebih baik. 

Selain itu, ketiga adalah meningkatkan komunikasi melalui diskusi terfokus, sehingga ada ikatan batin yang kuat, dan bisa memecahkan performance yang terukur dan mengurangi gap komunikasi. 

Keempat, melatih kebersamaan dimana ada yang saling berbagi dari mulai proses perencanaan, penganggaran sampai bagaimana menata makanan yang tepat, termasuk meningkatkan konsumsi pangan karena ada beberapa menu yang komplit dari karbohidrat, protein hewani sampai dengan kandingan gizi yang lain. 

Anak-anak juga bisa dikenalkan dengan warna warni lauk pauk dan apa sih kandungan atas lauk pauk yang akan dinikmati. 

Semoga pembelajaran kebersamaan semakin terikat dan memudahkan mereka berinteraksi dan berdiskusi tanpa ada gap yang banyak, solusi dapat dipecahkan sedini mungkin. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline