Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Pentingnya Dagang Spesifik Produk di Pasar

Diperbarui: 5 Januari 2020   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jualan Kosmetik (Dokpri)

Berada di pasar Palimanan Cirebon Jawa Barat, terbesit dalam pikiranku, ada 3 toko atau ruko yang kuamati secara dalam, yakni toko fas kosmetik dengan menyediakan segala macam-macam perlengkapan salon dan pengantin, kedua adalah toko mulya baru, menyediakan kue kering dan bahan makanan, sebelahnya adalah bakso daging sapi. 

Kucoba amati selama 1 jam lamanya, ternyata ketemu teori ekonomi, bahwa pembeli dengan membaca tulisan di spanduk maka dia akan mencari dengan mudah, mampir karena butuh, atau mampir dan ingin bertanya produk yang dibutuhkan,tentunya orang yang butuh kosmetik atau perlengkapan salon dan penganten akan tanya kepada penjualnya, jika ada akan tanya lagi merk tertentu dan merk yang ada, bisa kemungkinan ditawarkan produk baru oleh penjualnya dan dikasih keunggulan produk baru yang ditawarkan. 

Contoh lain, adalah penjual kue kering dan bahan kue, bisa langsung datang ke toko tersebut, misalnya pembeli yang ingin ke toko kue beli roti sisir atau roti lainnya, maka akan lihat kue dan langsung beli, penjualnya akan menanyakan kembali, apa lagi mas yang ingin di pilih, saat menjawab tidak, maka roti yang sudah dibeli langsung dimasukan ke plastik.

Tak terbayangkan jik sehari ada 1000 pembeli dan beli produk kue terus di taruh plastik, maka wajar saja jika limbah plastik terkumpul menjadi masalah bagi dinas pengelolaan sampah Kabupaten/Kota untuk mengurainya, padahal namanya plastik untuk diurai butuh waktu puluhan tahun. 

Jualan spesifik (dokpri)

Ada ruko bakso sapi, silih berganti untuk menikmatinya, kalau sudah laku, maka bakul bakso menganggap bahwa lokasi baksonya sangat strategis dan akan jadi daya magnet tersendiri bagi warga yang ingin beli bakso, apalagi jika baksonya maknyus, maka akan dipromosikan sama yang sudah menikmatinya, dan ilmu mRketing yang paling jitu adalah promosi dari orang yang pernah mencobanya lalu mempromosikan bahwa bakso yang di pasar dengan spanduk xxx itu enak dan murah. 

Konsep ekonomi yang ada, penjual telah menentukan pilihan yang tepat dan memudahkan bagi pembeli untuk datang dan mencari produk yang dibutuhkan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline