Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Pesantren Tempat Persemaian Akhlak, Ilmu Hanya Supporting Saja

Diperbarui: 20 April 2019   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Imtihan Alfiyah Ibnu Malik (doc pribadi)

Brebes - Rujukan ilmu dan akhlaq ada di Pondok Pesantren, pimpinan di perguruan tinggi bersifat administratif dan ada batas waktunya, namun kalau kyai dibatasi masa dinasnya, berbeda dengan rektor bisa di makzulkan atau di pecat dari kampusnya. Itulah salah satu perbedaan antara pesantren dengan dunia kampus.

Ungkap KH. Masdar Farid Mas'udi, MA selaku Rois Syuriah PBNU saat memberikan tausyiyah Khotmil Alfiyah Ibnu Malik di Ponpes Assalafiyah Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Sabtu (20/04/2019).

Apa yang dimiliki ilmunya kyai akan diajarkan olehnya kepada santrinya, jika gurunya atau kyainya ahli kitab kuning dan ilmu alat, maka nanti akan muncul para alumni yang mahir ilmu nahwu shorof dan ahli bahtsul masail,  Itu contoh pesantren zaman old.

KH. Masdar Farid Mas'udi doc pribadi

Berbeda dengan zaman now pesantren hanya administrasi saja yang diselesaikan dan mendapatkan manajer dari kepala sekolah, biasanya penguasaan pengasuhnya tidak mahir pada kitab kuning, sehingga untuk menutupinya maka dimunculkan manajerial administrasi dengan merekrut para ustad dari luar.

Sehingga ada perubahan yang muncul dan jangan perlu di tangisi, karena memang kehendak zamannya, seperti contoh munculnya pesantren modern. Sehingga ada istilah pesantren salaf dan pesantren modern. Jika pesantren modern kelulusan diikat oleh aturan negara, dan tidak harus fanatik dengan pengasuh ponpes tersebut karena memang dikelola dengan gaya manajerial administratif.

Zaman old bisa kuwalat jika tidak takdzim kepada kyai, karena kyainya yang memberikan ilmu langsung, namun zaman now bisa terjadi santrinya tidak hormat dengan pengasuhnya, karena memang santri dituntut ada aspek sistem administratif. Sehingga yang disegani bukan pengasuhnya tapi karena pernak pernik aturan, sehingga tidak memunculkan wibawa karena kurangnya keteladanan, karena tidak hidup bersama dan tidak mengawasi setiap hari.

Wajar saja murid memandang kepala sekolah seperti tata usaha, namun berbeda dengan santri dengan kyai, karena tahu tindak tanduk dan tingkah laku sehari-hari, maka tawadhu dan wibawa kyai yang kuat benar-benar di laksanakan, karena dalam ta'lim muta'alim ada cara menghormati kepada gurunya, begitupula guru memperlakukan santrinya dengan baik.

Wibawa kyai tidak bergantung kepada SK, berbeda dengan wibawa pejabat maka semakin tinggi jabatan dan eselonnya melalui SK yang ditugaskan. Kyai sampai wafatpun di khaul karena kehormatannya dari langit, beda jauh dengan dosen atau guru di sekolah.

Apakah akan lebur kharismatik kyai

Seorang bupati atau gubernur ketika sudah purna pun tidak dihormati oleh warganya, berbeda dengan kharismatik seorang kyai yang mengajarkan ilmunya akan abadi dan mengalir sampai ke generasi yang ada, walaupun sudah wafat kyainya akan dikirimi doa dan di khaul atas wafatnya lewat santri dan alumninya.

Dipesantren masih terjaga yakni jarang santrinya tawuran, berbeda dengan mereka yang dididik diluar pesantren, sering terjadi tawuran antar peserta didik,  makanya model kepemimpinan pesantren sangatlah tepat, karena para kyaoli ini menjaga  dan menata akhlak santrinya, bagaimana perilaku budi pekerti dan figur pemimpinanya benar-benar dihormati penuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline