Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Kerajinan Tanah Liat Tersedia Sepanjang Jalan Raya Kudus - Pati

Diperbarui: 19 Juni 2018   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerajinan Tanah Liat Mayong/Doc Pribadi

Kalau anda sudah kudus menuju ke pati, maka di jalan raya kudus-pati km 7 depan kompleks ruko bulusan tenggeles kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Jawa Tengah  berjejer penjual mainan dari bahan baku tanah liat. 

Aneka kerajinan dari bahan tanah liat ini, disulap jadi celengan, boneka, kendi, cobek, mobil-mobilan, kelinci, spombob, bulus, piring dan juga masakan anak-anak sebagai hiburan di rumah. 

Aneka Kerajinan/Doc Pribadi

Barang pecah belah ini menjadi daya tarik wisatawan lokal untuk mampir dan sengaja membelinya. Harga dari Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu, tergantung yang dipilih. Model transaksi masih manual, pembeli dan penjual langsung tawar menawar barang mana yang akan dipilih. 

Bila cocok dengan pilihannya, dan cocok dengan harganya, maka langsung ditaruh di baskom, kemudian pedagang tersebur tinggal bungkus pilihan pembeli tersebut. 

Doc Pribadi

Karena lokasi strategis menjadikan barang yang di pasarkan cepet laku, sudah puluhan tahun jualan hasil kerajinan ini di jalan raya kudus-pati, bahkan sudah turun temurun. 

Doc Pribadi

Produk olahan kerajinan tanah liat ini dari mayong jepara, dimana ada satu desa di belakang pasar mayong yang memprofuksi aneka kerajinan tanah liat yang disulap jadi oleh-oleh di rumah, jadi mainan bagi anaknya dirumah jika ingin latihan masak-masak. 

Bagi anda yang ingin bawa produk ini, silahkan mampir saja dan bisa beli produk yang ingin dipilih. Murah tapi tampilan bukan murahan. Selamat membeli produk lokal berdaya saing nasional. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline