Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Truk Kelebihan Muatan, Jembatan Rajegwesi Tegal Ambruk

Diperbarui: 21 April 2018   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ambruknya Jembatan di Tegal/Doc Saifudin Zuhri

Siapa sang salah, jika ada jembatan Kabupaten menjadi jalur alternatif, kondisi jembatan sudah cukup usia, namun belum diperbaiki, hari ini, sabtu (21/04/2017) ambruk akibat dilalui mobil truk dengan muatan lebih dari kekuatan jembatan. Jembatan yang ambruk berada di Jembatan rajegwesi Desa Rajegwesi Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.  

Akibat ambruknya jembatan ini maka Jalur jatibarang -pagerbarang-margasri tidak bisa dilewati. Kendaraan dialihkan melalui balapulang atau songgom dan slawi bagi yang bepergian menuju Jatibarang hingga ke Kota Brebes. 

Penulis mencoba mempublikasikan gambar ini ke media sosial di celoteh brebes membangun (cbm) sebuah komunitas facebook yang sudah berusia hampir 3 tahun ini, tampak banyak tanggapan atau komentar, walaupun lokasi kejadian di wilayah Kabupaten sebelah yakni Kabupaten Tegal, tapi hampir warga Brebes jika mau ke bumiayu hampir melewati jalur ini. 

Bambang gunawan mengatakan, Jalan kls III sing lewat bangsa ne Gajah... abong kuasa.., begitu pula ada komentar dari salah satu member cbm " Lah, sing liwat truk gede nemen kaya kuwe sih, Jembatan kuwe bukan ukurane go liwat tronton kaya kuwe, Truke kudu ndandani " Ujar junarto satrio. 

Sementara itu salah satu pengguna jalan yang biasa rutin lewat fathur rozak mengatakan, Saya melihat bagian jembatan yg ambruk itu bagian jembatan tambahan.. sebelumnya memang jembatan tambahan kondisinya sdh rapuh.. ditambah kendaraan yg lewat melebihi kapasitas, ya akhirnya ambruk jembatannya. 

Semoga pihak DPU Kabupaten Tegal untuk meneliti dan segera koordinasi terkait ambruknya jembatan ini, siapa yang harus bertanggungjawab dan kapan segera diperbaiki. 

Kondisi Truk/Doc Pribadi

Kajian Teori Kapasitas Truk 

Mobil Truk merupakan kendaraan roda empat yang khusus diciptakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. Mobil ini termasuk ke dalam kategori mobil niaga yang sering disebut juga sebagai mobil barang, dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai sarana transportasi dalam proses produksi maupun distribusi barang hasil produksinya.

Ukuran mobil truk ini sangat beragam yang dipengaruhi oleh jumlah sumbu rodanya, jumlah sumbu roda tersebut juga berbeda-beda konfigurasinya, seperti misalnya dump truck yang hanya memiliki 2 buah sumbu roda dengan jumlah ban yang tidak begitu banyak atau mobil truk besar tronton yang mempunyai 3 sumbu roda yaitu 1 di bagian depan dan 2 lainnya berada di belakang.

Jumlah dan konfigurasi sumbu roda pada mobil truk merupakan sesuatu yang telah diperhitungkan oleh para pabrikan mobil ini sesuai dengan kemampuan daya angkutnya, sehingga ada batas maksimal yang harus diikuti selain untuk menjaga kondisi mobil truk itu sendiri juga untuk menjaga daya tahan atau kekuatan jalan yang dilaluinya. 

Seperti apa sih kapasitas truck. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline