Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Usia Emas, Anak Harus Belajar Sambil Bermain

Diperbarui: 6 Desember 2017   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto : gubugrembug.com

Belajar sambil bermain, sebuah ungkapan semangat dalam menuntut ilmu bagi anak-anak di satuan pendidikan usia dini (PAUD). Sebuah metode yang efektif agar anak ini berkembang baik pada otak motoriknya. 

Perkembangan anak akan termonitor secara berlahan-lahan lewat catatan harian, fungsi motoriknya dilatih secara perlahan-lahan, mereka bergerak, bermain, menyanyi, bahkan dikenalkan istilah hewan, tumbuh-tumbuhan, dan juga macam-macam huruf dan angka, kenapa demikian, pasalnya anak ini masih memerlukan asupan ilmu pengetahuan sesuai dengan jenjang tingkatannya. 

Ada kelompok bermain, ada tempat penitipan anak, ada pendidikan anak usia dini, ada taman kanak-kanak, dan ragam jenis tempat belajar dibawah enam tahun ini, mereka begitu nyaman dan aman karena disamping diasuh guru yang berpengalaman sesuai dengan keahliannya, mereka juga mendapatkan pendidikan karakter yakni bagaimana cara menghormati guru, orangtua, teman sebaya, dan juga orang lain diatas usianya. 

Anak ini dilatih disekolah bagaimana cium tangan yang benar saat mau sekolah, cara berdoa sebelum makan dan minum, bacaan doa mau belajar dan saat mau sekolah selesai. Begitu macam ragam pembelajaran yang diberikan dari seorang guru kepada peserta didiknya. 

Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. 

Usia dini merupakan "usia emas" bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapat pendidikan yang tepat, maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajarnya pada jenjang berikutnya.

Menurut Martin Luther tujuan utama sekolah adalah mengajarkan agama, dan keluarga merupakan institusi penting dalam pendidikan anak.

Pemikiran Martin Luther ini sejalan dengan tujuan madrasah (sekolah Islam) yaitu pendidikan agama Islam, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian integral dari agama Islam.

Dengan demikian pendidikan di madrasah akan menghasilkan ulul-albaab (QS. 3 : 190 - 191), yaitu penguasaan iptek yang dapat digunakan dalam kehidupan dengan ahlak mulia, berdampak rahmatan lil alaminn, yang dijanjikan Allah akan ditingkatkan derajatnya (QS. 58 : 11).

Berbeda dengan Jean - Jacques Rousseau (1712 - 1718) dalam Bukunya Du de 'education, menggambarkan cara pendidikan anak sejak lahir hingga remaja.

Menurut Rousseau: "Tuhan menciptakan segalanya dengan baik; adanya campur tangan manusia menjadikannya jahat (God make every things good; man meddles with them and they become evil). Rousseau menyarankan "kembali ke alam" atau "back to nature", dan pendekatan yang bersifat alamiah dalam pendidikan anak yaitu : "naturalisme".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline