Lihat ke Halaman Asli

Pena Syiar

Kelompok 7 / Micro Tabligh / Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Metro

Hikmah Setelah Masalah

Diperbarui: 15 Oktober 2024   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di dunia ini, setiap orang pasti menghadapi tantangan, cobaan, dan kesengsaraan. Sebagai umat Islam, kita akan belajar melihat setiap permasalahan yang muncul, bukan sebagai musibah yang tidak perlu, namun sebagai kesempatan untuk mendapatkan hikmah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.Firman Tuhan Yang Maha Esa dalam Al-Qur'an:
 "Dan Kami akan menguji kamu dengan ketakutan dan kelaparan dan kemiskinan, kehidupan dan buah-buahan, kami akan mengampuni kamu." Kabar gembira bagi orang-orang yang tekun.
(Al-Baqarah: 155)Ayat ini mengingatkan kita bahwa cobaan adalah bagian dari kehidupan manusia. Tidak ada seorang pun yang terbebas dari masalah, entah itu ketakutan, kelaparan, kekurangan hidup, atau kematian orang yang dicintai. Namun Tuhan memberikan kabar baik bagi mereka yang mampu bertahan dalam menghadapi cobaan.
Hikmah Setelah Masalah
1.Menghapus Dosa Salah satu hikmah besar dari masalah yang datang kepada seorang mukmin adalah menghapuskan dosa. Rasulullah SAW bersabda: Tidak boleh ada seorang muslim pun yang menderita kelelahan, sakit, kesedihan, duka, penganiayaan, hingga diambil duri yang menusuknya, sebaliknya Allah akan mengampuni sebagian dosanya."
 (HR). Bukhari dan Muslim). Oleh karena itu, segala musibah yang menimpa, bukanlah suatu azab, melainkan wujud kasih sayang Allah kepada hambanya agar kita bisa kembali dengan dosa-dosa kita.
2. Kekuatan iman dan ibadah Ketika seseorang menghadapi suatu masalah, ia lebih banyak berdoa dan bertawakal kepada Tuhan. Kesulitan hidup dapat menguatkan keimanan kita. Allah bersabda: Apakah manusia mengira dengan mengatakan kita beriman, maka mereka akan sendiri dan tidak diuji? (Ankabut : 2) Allah melalui cobaan dan kesulitan akan menguji kualitas iman kita. Bagi orang beriman, permasalahan adalah kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan meningkatkan keimanan kepada-Nya.
3. Mengembangkan Kesabaran dan Ketahanan
Kesabaran adalah kunci menghadapi kesulitan. Setiap permasalahan yang kita hadapi mengajarkan kita untuk lebih bersabar dan tabah dalam menjalani hidup. Allah menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang tekun dalam cobaan hidup: "Orang yang sabar akan dibalas dengan siksa" Sebuah ujian atas kesabaran dan kesabaran kita Semakin sabar kita, semakin tinggi kedudukan kita dihadapan-Nya.
 4. Meningkatkan kebijaksanaan dan kedewasaan
Masalah adalah pengalaman yang memperkaya hidup kita. Dengan menghadapi masalah, kita belajar menjadi lebih arif dan bijak dalam menyikapi kehidupan. Segala cobaan yang kita hadapi memberi kita pelajaran bermanfaat yang membuat kita menjadi dewasa, membuat kita lebih sadar akan dunia dan lebih fleksibel dalam menghadapi masa depan.5. **Perkuat persatuan dan kasih sayang Saat menghadapi masalah, kita menjadi lebih peka terhadap penderitaan orang lain. Kesulitan yang kita hadapi membuka mata hati kita untuk lebih memperhatikan orang lain dan meningkatkan solidaritas dan kasih sayang terhadap mereka yang menderita.
6. Jadilah baik dunia ini dan akhirat
Dalam segala permasalahan yang kita hadapi, Tuhan Maha Baik. Terkadang permasalahan tersebut membawa kita pada hal-hal yang lebih baik dalam hidup ini dan di dunia. Allah berfirman: " Kamu boleh membenci sesuatu, meskipun itu baik bagimu, dan kamu dapat mencintai sesuatu, meskipun itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Al-Baqarah: 216) Permasalahan yang dinamakan musibah adalah suatu kebaikan yang tersembunyi, Allah mengetahui dan mengetahui yang terbaik. Apa yang baik bagi hamba-Nya, bahkan jika belum jelas bagi kita Penting bagi kita untuk melihat setiap masalah sebagai peluang untuk menang. harga adalah peningkatan iman dan pendekatan terhadap setiap ujian adalah ujian, dan setiap siswa mempunyai ide cemerlang . Jangan pernah menyerah dalam menghadapi kesulitan, karena di balik kesulitan selalu ada pertolongan.Allah berfirman dalam Al-Qur'an: "Setelah kesulitan ada kemudahan, setelah kesulitan ada kemudahan, agar kita termasuk orang-orang yang terlihat hikmah dibalik segala permasalahan yang kita hadapi ." Atau Amin kepada Tuhan semesta alam.Demi Allah, aku pasti tahu.

 Sumber : 1. Al-Quran Surah Baqarah ayat 155. 2. Al-Qur'an Surah Ankabut ayat 2.3. Alquran, Surah Zamr, irava 10.4. HR. Muslim dalam Bukhari.5. Alquran Surah Baqarah ayat 216.6. Alquran Surah Ansira ayat 5-6.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline