Lihat ke Halaman Asli

Pena Syiar

Kelompok 7 / Micro Tabligh / Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Metro

Mencegah Kemungkaran dengan Salat

Diperbarui: 4 Oktober 2024   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi mencegah kemungkaran dengan sholat (Sumber: pexels/Monstera Production)

Sebelumnya, kita telah membahas mengapa seorang muslim harus melaksanakan sholat. Kali ini, kita akan membahas hikmah-hikmah yang terkandung dalam sholat.

Diantara hikmah diwajibkannya sholat, Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam Minhajul Muslim menerangkan, bahwa sholat iti sebagai sarana pembersihan jiwa, mengondisikan seorang hamba untuk bermunajat kepada Allah, dan upaya mendekatkan diri dengan-Nya. Selain itu, sholat juga mencegah seseorang melakukan perbuatan keji dan munkar. "Sesungguhnya, sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar." (Q.S Al-Ankabut: 45).

Seorang muslim yang senantiasa melaksanakan sholat dan selalu mendekatkan dirinya kepada Allah akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Kenapa demikian? karena ketika akan melakukan perbuatan-perbuatan yang sifatnya tercela, seseorang akan selalu mengingat Allah dan menyadari bahwa apa yang akan dilakukan merupakan hal yang salah, dilarang, dan mendapatkan dosa.

Demikian hal ini dapat menjadi pengingat kita agar selalu mendekatkan diri kepada Allah. Semoga kita dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan keji dan munkar.

Sumber Buku: Muhammad bin Qusri al-Jifari "Agar Sholat Tak Sia-Sia"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline