Lihat ke Halaman Asli

Sri Wintala Achmad

Penulis, Editor Video, Graphic Designer

Horror Tanah Jawa Tumbal Genderuwo

Diperbarui: 15 Juli 2024   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://araskapublisher.com

MENURUT mitos Jawa, Genderuwo digolongkan sebagai makhluk halus berkelamin laki-laki yang merupakan arwah orang mati namun kematiannya tidak sempurna. Sebab itu, orang yang mati karena bunuh diri, mengalami kecelakaan, atau penguburan tidak sempurna diyakini oleh sebagian masyarakat Jawa akan menjadi Genderuwo. Hantu yang tinggal di batu, bangunan tua, pohon besar, atau sudut-sudut lembap sepi dan gelap

Cerita mengenai Genderuwo masih dikisahkan oleh masyarakat Jawa hingga kini. Pengisahan tersebut bisa bersumber dari cerita orang lain atau dari pengalaman pribadinya saat bertemu dengan makhluk tinggi besar, berkulit hitam, berambut gimbal, bertaring, dan bermata merah menyala itu.

Karena tetap aktual dan menarik, kisah hantu yang bersumber cerita lisan dari beberapa orang Jawa yang berkaitan dengan Genderuwo  dikisahkan dengan bahasa renyah, mengalir, dan memikat  dalam buku ini. Hal ini dimaksudkan agar cerita perihal Genderuwo tidak hanya diketahui oleh segelintir orang dari lingkup terbatas, melainkan banyak orang dalam lingkup luas.

Tentu saja, pengisahan yang berkaitan dengan Genderuwo tidak dimaksudkan untuk menakut-nakuti. Akan tetapi, pengisahan tersebut lebih ditujukan sebagai bentuk penyadaran agar manusia selalu dekat dengan Tuhan di saat menghadapi cobaan berat. Sehingga, manusia tidak mudah menyelesaikan cobaan berat itu dengan cara naif, seperti bunuh diri. Suatu pengakhiran hidup yang tidak sempurna.

@pawartajawatv64 Tumbal Genderuwo Buku Baru Sri Wintala Achmad #horror #bukuhorror #buku  Horror - Pasrah Instrumental



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline