Lihat ke Halaman Asli

Sutrisno Penadebu

Menulis menebar kebaikan, Menulis apa saja bila ide datang

"Linum Patriotisme" (Literasi Numerasi Penanaman Akhlak Trigatra Orientasi Menakjubkan)

Diperbarui: 3 Oktober 2024   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Literasi kelas-Dokpri

Kepemimpinan Pembelajaran "Linum Patriotisme" (Literasi Numerasi Penanaman Akhlak Trigatra Orientasi Menakjubkan)
 



Oleh: Sutrisno, S.Pd., M.M
SD Negeri 001 Babulu
Email: sutrisno415@admin.sd.belajar.id

"Linum Patriotisme" merupakan inovasi kepemimpinan pembelajaran program pendidikan yang mengintegrasikan literasi, numerasi, dan penanaman nilai akhlak mulia.  Linum Patriotisme ini penulis lakukan melalui pendekatan Trigatra Orientasi. Gambaranya yaitu pendekatan tiga dimensi: literasi, numerasi, dan akhlak. Program ini dirancang untuk mendukung tercapainya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Semua dilakukan menitikberatkan pada pengembangan numerasi siswa, kecakapan literasi, serta numerasi sebagai fondasi pendidikan masa depan.

Peningkatan Akhlak_Dokpri


Pendekatan yang digunakan dalam Linum Patriotisme adalah Trigatra Orientasi, yang menggambarkan tiga dimensi utama dalam pembelajaran, yaitu literasi, numerasi, dan akhlak. Ketiga dimensi ini berfungsi sebagai pilar utama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang holistik dan seimbang.


1.Literasi: Menekankan pada pengembangan kemampuan literasi siswa, baik dalam literasi tulis maupun lisan. Literasi menjadi kunci dalam memahami dan mengomunikasikan ide serta pengetahuan.


2.Numerasi: kemampuan untuk menggunakan, memahami, dan menerapkan konsep-konsep matematika dalam berbagai situasi sehari-hari. Ini mencakup kemampuan untuk memahami dan bekerja dengan angka, menghitung, mengukur, menafsirkan data, memahami hubungan matematika, serta menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah praktis.


3.Akhlak: Mengintegrasikan akhlak dalam proses pembelajaran untuk menguatkan identitas siswa sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa. Pemahaman dan penghargaan terhadap warisan budaya ini membantu siswa merasa lebih terhubung dengan lingkungan sosial dan budayanya.


Linum Patriotisme berperan penting dalam mendukung tercapainya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sebuah inisiatif nasional yang bertujuan untuk membentuk generasi siswa yang bernumerasi, berjiwa Pancasila, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Melalui fokus pada pengembangan numerasi, literasi, dan numerasi, program ini memberikan fondasi yang kuat bagi siswa dalam meniti jenjang pendidikan mereka ke depan, sekaligus membekali mereka dengan kecakapan hidup yang relevan dengan kebutuhan masa kini dan masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline