Lihat ke Halaman Asli

Sutrisno Penadebu

Menulis menebar kebaikan, Menulis apa saja bila ide datang

Tentang Buah Zaitun

Diperbarui: 19 Maret 2023   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri_Buah Zaitun

Oleh: Penadebu

Siang ini ketika berkunjung di rumah sebelah menengok pohon zaitun yang saya tanam beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah buahnya cukup lebat. Namun saya penasaran ingin segera memetik 1 buah kebetulan sudah mulai masak.

Selang beberapa menit kemudian saya buka ternyata warna merah jambu merona. "Wow, enak," pikirku.

Namun setelah mencicipi rasanya entah seperti apa ya susah saya gambarkan. Seperti makan biji-bijian, ada kasar-kasarnya sedikit di lidah. Kemretes, seperti makan beras pecah. Namun ada rasa manis-manisnya dikit. Saya coba makan saja. Karena sebelumnya sudah saya baca beberapa referensi bahwa buah zaitun banyak manfaatnya.

*

Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Buah zaitun, atau Olea europaea, adalah buah yang berasal dari pohon zaitun yang tumbuh di wilayah Mediterania. Buah zaitun dikenal sebagai bahan utama untuk menghasilkan minyak zaitun, namun selain itu buah zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat dari buah zaitun:

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah zaitun mengandung senyawa polifenol yang tinggi, yaitu oleuropein dan hydroxytyrosol, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Polifenol ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan juga dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Meningkatkan Sistem Imun

Buah zaitun juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, seperti vitamin E dan polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline