Lihat ke Halaman Asli

Mendongkrak Daya Ingat

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menurut hasil penelitian Dr. James W. Pennebaker, seorang psikolog Amerika, menulis membuat syaraf otak lebih aktif sehingga kita bisa lebih mengingat pelajaran yang kita pelajari. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena menulis adalah aktivitas seluruh otak yang menggunakan belahan otak kanan (emosional) dan belahan otak kiri (logika).

Saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam menulis. Saya sudah pernah menulis artikel yang berjudul Menulis dengan Hati. Mudah-mudahan teman-teman sudi membacanya. Saya katakan bahwa menulis terlebih dahulu dengan hati, kemudian baru di evaluasi. Ketika saya menulis dengan cara ini, saya dapat menulis lebih cepat. Ditengah perjalanan saya menulis, saya dapat mengingat kembali hal-hal yang dulu pernah saya ketahui.

Saya yakin apa yang telah saya baca tidak akan terlupakan. Bila saya tidak ingat pada hari ini, mungkin esok akan saya ingat kembali. Hanya saja, saya perlu kail untuk memancingnya. Menulis dengan hati, membuat saya dapat mengail ilmu pengetahuan yang pernah saya ketahui sebelumnya. Sungguh ajaib. Semakin banyak menulis, semakin banyak ilmu yang saya ingat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline