Lihat ke Halaman Asli

Sri haryani

Mahasiswa STIABI Riyadlul Ulum

Asal-usul Bahasa menurut Perspektif Al-quran

Diperbarui: 4 April 2022   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio


 Apakah anda pernah berfikir kenapa bumi disebut bumi? Kenapa mobil disebut mobil? Apakah bahasa ciptaan tuhan yang mengikuti sekitar alam? Setelah kita mengetahui banyak sekali bahasa yang dipakai oleh manusia di dunia dengan beragam bahasa, dikatakan ada kurang lebih dari 7000 bahasa yang digunakan di dunia ini. Tetapi, ini informasi kurang akurat karena kemungkinan setiap hari ada bahasa yang bertambah dan bahkan ada bahasa yang punah.

Maka dari itu bagaimana bahasa bisa ada dan menjadi alat utama untuk melakukan segala sesuatu. Dengan bahasa manusia bisa menyampaikan tujuannya dan mampu berkomunikasi dengan yang lainnya. Maka dari itu, bahasa menjadi alat pembuka jendela dunia. Selogan tersebut menunjukan bahwa bahasa adalah hal yang terpenting dalam kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah lepas dari yang namanya bahasa. Ketika manusia ingin mengungkapkan apa tujuannya maka akan menggunakan bahasa mau itu secara lisan, tulisan atau bahasa isyarat dan sebagainya.


Sebagian sejarah mengatakan asal usul bahasa berasal ketika awal mula manusia diciptakan. Dan sejarah bahasa terus berlangsung sepanjang sejarah manusia.
Tetapi menurut preseftif agama islam asal usul bahasa itu sebagaimana dalam al-quran surah al-baqoroh ayat 31

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!"

Ayat ini menjelaskan bahwa sebenarnya allah SWT mengajarkan kepada Adam nama-nama tersebut menjadi simbol simbol bahasa. Maka manusia yang pertama diciptakan adalah nabi Adam mempelajari bahasa melalui belajar mengajar yang diajarkan oleh Allah SWT. Maka dari membawa manusia memerankan bahasa menurut akal pikiran, pendengaran,mulut, tenggorokan, dan sebagainya.
Maka dalam al-quran surah arahman ayat 3 dan 4
()
"Dialah yang menciptakan manusia, mengajarnya ekspresi" (Q.S al-Rahman Ayat 3 -- 4).

Kata al bayan dalam ayat yang ke 4 merupakan identitas dari manusia mengapa demikian karena dari ayat ke 3 langsung tersambung ke ayat yang ke 4 dan ini menandakan bahwa bahasa merupakan hal istimewa. Begitu pun menjadi ciri yang melekat pada diri manusia.

 Menurut Noam Chomsky, bahasa muncul sekitar 60.000 hingga 100.000 tahun yang lalu di Afrika, nih. Sebelum bahasa ditemukan, diperkirakan manusia berkomunikasi menggunakan suara-suara yang dihasilkan oleh mulut dan melalui gerakan tubuh saja.al-Quran telah menjelaskan asal-usul bahasa manusia berasal dari Allah sang pencipta dengan mengajarkan kepada Adam a.s dan menciptakan perangkat bahasa yang ada pada manusia.


Bahasa menurut Aristoteles tidak sependapat dengan pendapat gurunya yang mengemukakan bahwa semua bahasa berasal dari peniruan bunyi-bunyi saja, melainkan ada hal lain yang melatarbelakanginya. Maka dari itu, penting sekali kita mengetahui asal usul bahasa yang ada dalam perseftif islam akan berbeda dengna yang ada menurut para ilmuwan pakar yang lainnya degan hasil meneliti. Tapi alahngkah lebih baik apabila bahasa dari pendapat keduanya dirundingkan sehingga ada jalan tengah yang menunjukan asal usul bahasa dilihat di dua sisi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline