Lihat ke Halaman Asli

PempekDeHaDe.com

Pempeknyo Iwak Cukuonyo Lemak

Tips Menjual Makanan secara Online dan Melalui E-Commerce

Diperbarui: 1 September 2020   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Booth Pempek DeHaDe | dokpri

Penjualan makanan online adalah sektor ecommerce yang berkembang, karena pelanggan secara bertahap menjadi lebih percaya diri dengan belanja online dan mulai mengandalkannya untuk toko mingguan mereka.

Konsumen menjadi semakin canggih dan menuntut makanan dan bahan yang tidak biasa, yang dapat diberikan oleh internet kepada mereka. Ada juga peningkatan dalam infrastruktur rantai pasokan, yang berarti lebih mudah untuk membawa makanan segar ke depan pintu rumah orang-orang. Bahkan ada pembicaraan tentang pengiriman pempek dengan pesawat drone!

Namun menjual makanan melalui internet menghadirkan serangkaian tantangan unik. Orang terbiasa melihat makanan mereka sebelum membelinya, dan mengunjungi tempat dari mana makanan itu diperoleh.

Penjual makanan online kehilangan keuntungan karena dapat menjual makanan mereka menggunakan bau, sampel, dan menampilkan makanan di kehidupan nyata. Masalah ini perlu ditangani untuk memenangkan kepercayaan pelanggan secara online.

Kabar baiknya adalah pelanggan mungkin siap membayar lebih untuk menerima makanan buatan tangan untuk mereka (seperti kue yang dipersonalisasi) atau makanan yang sangat tidak biasa atau khusus (seperti makanan laut segar).

Ini bisa berarti Anda dapat mengenakan biaya premium untuk memberikannya kepada mereka. Ingatlah bahwa menjual produk yang dapat dimakan secara online adalah bisnis yang mahal, karena mahalnya biaya pengemasan dan pengiriman cepat.

Pastikan Anda menghitung harga dengan hati-hati agar bernilai saat Anda.

Pentingnya Fotografi

Jika Anda menjual makanan secara online, sangat penting bagi Anda untuk menawarkan foto yang benar-benar bagus agar makanan tersebut terlihat menarik dan lezat.

Foto adalah hal utama yang akan menjual produk Anda, jadi pastikan Anda mendapatkan produk yang sangat menarik. Mempekerjakan seorang fotografer profesional umumnya merupakan biaya yang akan terbayar sendiri dalam jangka panjang.

Jika Anda menangani fotografi sendiri, pertimbangkan untuk berinvestasi di studio kecil, dengan pencahayaan yang bagus, karena ini benar-benar dapat membantu mempengaruhi pembeli.

Saat ini, banyak situs e-niaga menggunakan apa yang dikenal sebagai fotografi 'gaya hidup'. Ini berarti menampilkan item yang akan dijual di lingkungan umum tempat item tersebut akan digunakan, mungkin menggunakan beberapa properti yang tidak terlalu mengganggu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline