Lihat ke Halaman Asli

Juventus Kini Berhak Menggunakan 3 Bintang

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kekalahan 4-1 yang diderita AS Roma dari tuan rumah Catania akhirnya memastikan gelar scudetto musim 2013-2014 jatuh ke tangan Juventus. Pasalnya dengan selisih jarak 8 poin, klub "Serigala Ibu Kota" tidak akan bisa merebut posisi puncak klasemen karena pertandingan liga hanya tinggal tersisa 2 laga.

Hasil ini tampaknya berhasil mengobati duka para punggawa Juventus yang baru saja disingkirkan Benfica di Liga Eropa. Dari beberapa akun social media pemain dan fans, terlihat suasana meriah terjadi di kota Turin (Torino) termasuk berbagai selebrasi yang dilakukan pemain Juventus. Beberapa tokoh sepakbola juga telah mengucapkan selamat kepada Si Nyonya Tua, termasuk kapten dari rival perburuan gelar juara musim, Francesco Totti. Sikap positif ini rupanya menular kepada fans kedua tim, para Juventini membalas ucapan selamat Romanisti dengan mendoakan agar AS Roma bisa berprestasi di kancah Eropa musim depan.

Meski musim ini gagal dalam perburuan beberapa piala (Liga Champions, Liga Eropa, Copa Italia) tapi Juventus berhak berbangga hati dengan raihan scudetto-nya. Sebab, gelar ini merupakan yang ketiga diraih Juventus secara 3 musim berturut-turut. Selain itu, Juventus kini bisa memajang tanda 3 bintang dengan bangga di kostumnya.

Sebelumnya memang ada kontroversi saat dua gelar scudetto Juventus dicabut. Saat itu Juventus dinyatakan melakukan kecurangan karena terbukti melakukan kontak dengan para pengadil lapangan lewat telepon. Juventus yang berusaha membersihkan namanya (dan berusaha mengembalikan gelar yang dicabut) harus menerima kenyataan saat pengadilan Italia menyatakan kasus tersebut telah ditutup karena sudah kadaluarsa dan keputusan tidak bisa diubah.

Meski sejatinya tidak ada keputusan hukum yang mengatur soal penggunaan lambang bintang di atas logo klub, namun kini Juventus bisa memasang tiga buah bintang di atas logo klub tanpa perlu mendengarkan komentar sinis dari fans lawan. Sebab berapa pun jumlah gelar juara yang dimiliki oleh Juventus saat ini (32 atau 30), Si Nyonya Tua sangat layak menyandang 3 bintang emas di kostumnya. Selain prestasi dalam 3 musim terakhir, Juventus telah menjadi contoh klub sepakbola modern yang mandiri dengan memiliki business plan yang baik; termasuk berani membangun stadion sendiri, getol terhadap pengembangan pemain muda dan melakukan transfer pemain dengan sehat.

Semoga kesuksesan Juventus bisa menjadi pelecut semangat klub-klub sepakbola Italia lainnya. Sekali lagi , selamat untuk Juventus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline