Lihat ke Halaman Asli

LPKA KELAS II PALU

Akun Resmi Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu, Dibawah jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah

Terima 10 Mahasiswa PPL, LPKA Palu dan UIN Datokarama Palu Komitmen Terapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Diperbarui: 27 Agustus 2024   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.humaslpkapalu

Palu -- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung dunia pendidikan dengan menerima sepuluh mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Senin, (26/8/2024). Kehadiran para mahasiswa ini merupakan bagian dari kerjasama antara LPKA Palu dan UIN Datokarama Palu dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun melalui Kepala Subbagian Umum, Andi Nuryadin menyatakan bahwa program ini bukan hanya memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam dunia kerja, tetapi juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembinaan di LPKA.

"Kami sangat menyambut baik kehadiran mahasiswa PPL dari UIN Datokarama Palu. Ini merupakan bentuk sinergi antara lembaga pemasyarakatan dan dunia akademis untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, terutama dalam hal pembinaan anak-anak di LPKA," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Para mahasiswa yang terlibat dalam program PPL ini akan ditempatkan di berbagai bidang di LPKA Palu, termasuk pendidikan, konseling, dan pembinaan keterampilan. Mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam setiap tugas yang diberikan, serta belajar banyak dari pengalaman kerja di lingkungan LPKA.

"Tujuannya agar semua mahasiswa mendapatkan pengalaman selama melaksanakan PPL di LPKA Palu, tentu kita juga berharap program-program yang akan mereka jalankan selama disini dapat mendukung proses pembinaan yang semakin berdampak positif," jelasnya

Sementara itu, Dosen Pembimbing dari UIN Datokarama Palu, Mulyadi menyampaikan bahwa program PPL ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam praktik nyata. "Kami berterima kasih kepada LPKA Palu atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa kami. Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat bersama-sama mengembangkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya dalam konteks pembinaan anak-anak," ungkapnya.

Kolaborasi ini mendapat apresiasi tinggi dari berbagai pihak serta masyarakat khususnya dalam mewujudkan generasi cerdas menuju Indonesia Emas 2045.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengungkapkan, terima kasih dan rasa syukur atas jalinan sinergitas yang dibangun oleh LPKA Palu bersama Univeritas di Kota Palu. Menurut beliau, hal ini menjadi salah satu langkah positif keterlibatan Pemasyarakatan dalam mencerdaskan para anak bangsa.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan saling memberikan dampak baik kepada masing-masing pihak serta masyarakat luas.

"Terima kasih atas kinerja baiknya, tentu kita akan berikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan ini. Mari bersama kita wujudkan Kanwil Kemenkumham Sulteng yang Naheba (Hebat)," ungkap Kakanwil Hermansyah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline