Lihat ke Halaman Asli

Anwar Effendi

Mencari ujung langit

Pengunjung Kecewa Kebun Binatang Tutup, Satwa Terancam Kelaparan

Diperbarui: 25 April 2020   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Jerapah di area zona Afrika di Bazoga atau Kebun Binatang Bandung.(KOMPAS.COM/AGIE PERMADI)

 Jalan-jalan sambil menunggu waktu Magrib (ngabuburit), asyik juga kalau berkunjung ke kebun binatang. Apalagi sambil bawa anak-anak. Keriangan anak-anak di sana, akan melupakan rasa lapar dan haus saat menjalani ibadah puasa.

Cuma Ramadan tahun ini tampaknya tidak bisa ngabuburit ke kebun binatang. Semenjak virus corona melanda Indonesia, sejumlah pengelola kebun binatang, tidak lagi menerima kunjungan wisatawan. Termasuk Kebun Binatang Kota Bandung yang berlokasi di Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong, terpaksa tutup sementara untuk menghindari terjadinya keramaian massa.

Keruan saja, banyak warga Bandung dan sekitarnya kecewa. Mereka kecewa tidak bisa melihat aneka satwa dari dekat. Tahun-tahun sebelumnya, banyak keluarga ngabuburit membawa anak-anak dengan bermain ke kebun binatang. Apalagi Kebun Binatang Bandung setelah ada penataan baru, tidak melulu menawarkan sejumlah binatang di kandang, tapi juga taman-taman yang indah serta wahana permainan yang menarik serta menyenangkan anak-anak.

Rasa kecewa sebenarnya tidak hanya ada pada masyarakat yang ingin berkunjung ke kebun binatang. Pengelola kebun binatang pun tidak berdaya dihadapkan dengan situasi dan kondisi sekarang. Saat ada larangan menerima pengunjung, biaya operasional tetap harus mereka keluarkan.

Minimal biaya untuk memberi makan binatang di sana, tidak bisa ditahan-tahan. Tidak mengeluarkan biaya pakan binatang, urusannya bisa fatal. Binatang akan kelaparan dan terancam mati. Sementara pendapatan praktis tidak mereka miliki, karena tidak ada pemasukan dari pengunjung.

Seorang pengunjung memberikan buah-buahan kepada beruang madu di Kebun Binatang Bandung. (KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI)

Krisis pemasukan ini, membuat sejumlah pengelola kebun binatang seperti di ujung tanduk. Keberadaan mereka untuk bertahan dalam hal memberi makan binatang tinggal satu bulan lagi. Hasil susrverl Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI), sebanyak 92,11 persen pengelola kebun binatang bakal menyerah untuk memberi makan satwa-satwa yang ada.

Kalau pun ada yang mampu bertahan, hingga tiga bulan ke depan, jumlahnya tidak lebih dari 5,26 persen. Sedangkan kebun binatang yang mampu memberikan makan satwwa peliharaannya lebih dari tiga bulan, tersisa 2,63 persen. Kondisi ini sangat mencemaskan, karena hampir 90 persen kebun binatang di Indonesia tidak bisa lagi memberi makan satwa-satwa yang ada.

Untuk bisa bertahan, pengelola kebun binatang harus cerdik dalam mengalokasikan anggaran pakan satwa. Sebab kebutuhan pakan satwa merupakan hal yang wajib, agar binatang bisa bertahan dan terjaga kesehatannya.

Penyesuaian pakan

Sulhan Syafi'i dari bagian Humas dan Promosi PKBSI menyebutkan, hampir seluruh manajemen kebun binatang melakukan penyesuaian terhadap manajemen pakan satwa. Mulai dari substitusi, pengurangan porsi hingga pendekatan manajemen pakan lainnya. Tentu tetap bedasarkan pada etika hewan maupun kesehatan dan kesejahteraan satwa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline