Lihat ke Halaman Asli

Anwar Effendi

Mencari ujung langit

Mang Mamat Boro-Boro Mikirin Virus Corona, Tiap Hari Saja Berteman Sampah

Diperbarui: 14 April 2020   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mang Mamat baju merah membereskan sampah di atas gerobak. (foto: dok. pribadi)

Mang Mamat buru-buru mengambil sepeda bututnya. Dia gowes dari rumahnya di kawasan Babakan Cianjur, Sapan, Kabupaten Bandung. Menembus dinginnya pagi dan kabut belum menghilang.

"Pagi ini saya tetap harus berangkat. Tidak peduli harus menerobos banjir," mungkin begitu gumam Mang Mamat dalam hati.

Mang Mamat merupakan salah satu petugas pengangkut sampah di kompleks Riung Bandung, Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Dia setiap hari melintas batas Kabupaten-Kota Bandung sejauh 5 kilometer. Cuma sepeda butut yang menemani dirinya, untuk berangkat ke tempat tugas.

Kalau cuaca lagi bagus dia asyik-asyik saja menggowes sepedanya. Cuma saat ini, di kawasan timur Bandung, curah hujan masih tinggi. Hampir terjadi setiap hari. Jalan yang dilintasi Mang Mamat sering menjadi langganan banjir.

Tapi mau bagaimana lagi, panggilan tugas sudah menanti. Kalau dia tidak berangkat dengan alasan banjir, itu akan menjadi catatan buruk. Sampah di kompleks Riung Bandung akan menumpuk. Bukan tidak mungkin, Mang Mamat akan kehilang pekerjaannya.

Begitulan dedikasi tinggi Mang Mamat, sebagai petugas pengangkut sampah. Walau honor yang diterima, jauh dari profesi lainnya, namun risiko Mang Mamat justru lebih tinggi. Tiap hari dia bergelut dengan sampah. Kotor pasti. Bau tidak bisa dihindari. Bibit penyakit pun bisa menghampiri.

Mang Mamat tak peduli apa itu wabah virus corona. Dia pokoknya harus bekerja. Mendatangi setiap rumah warga. Mengangkut semua sampah hingga tak tersisa. Kalau warga bahagia, itu artinya Mang Mamat sudah menyelesaikan tugasnya.

Mang Mamat dan Mang Endang kompak dalam menjalankan tugas mengangkut sampah. (foto: dok. pribadi)

"Mang Mamat mah tidak ngerti apa itu virus corona. Boro-boro mikirin virus corona, sampah juga kalau diteliti pasti banyak bibit penyakitnya. Tapi selama ini Mang Mamat aman-aman saja. Pokoknya Mang Mamat tidak mikirin baunya atau jijiknya mengangkut sampah. Itu tugas sehari-hari. Kalau mikirin jijik atau takut kena penyakit, bakalan susah jadi petugas pengangkut sampah," kata Mang Mamat.

Mang Mamat mengaku, selain menerima honor bulanan dari pengurus RW, dirinya sering mendapat rezeki dari warga yang berbaik hati. Ada saja warga yang memberikan tips, jika sampahnya sudah diangkut. Pun demikian kalau menjelang hari raya Idulfitri, banyak warga yang memberikan THR secara pribadi.

Saat melaksanakan tugas mengangkut sampah, Mang Mamat ditemani rekannya, Mang Endang. Cuma Mang Endang rumahnya tidak jauh seperti Mang Mamat yang berada di Kabupaten Bandung. Mang Endang tinggal di Rancacili, yang masih dekat dengan kompleks Riung Bandung.

Dalam menjalankan tugasnya mengangkut sampah, Mang Mamat dan Mang Endang cukup kompak. Mereka sering bergantian mengambil peran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline