Lihat ke Halaman Asli

Anwar Effendi

Mencari ujung langit

Hembusan Angin Laut Mengantar ke Gumuk Pasir

Diperbarui: 9 April 2020   04:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pintu masuk objek wisata Gumuk Pasir.

Kalau bermain ke Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata Gumuk Pasir. Memang dari Kota Yogyakarta harus melakukan perjalanan lagi. Bisa pakai kendaraan umum, bisa pakai mobil pribadi, tapi kalau lebih asyik ramai-ramai mengendarai motor.

Lokasi objek wisata Gumuk Pasir berada di Desa Parangtritis Kabupaten Bantul. Kalau perjalanan lancar, waktu tempuh dari Kota Yogyakarta menuju Gumuk Pasir, cukup satu jam saja.

Medan jalan menuju Gumuk Pasir sebagian besar relatif bagus. Termasuk akses jalan ke tujuan utama, walau jalannya mengecil namun tidak ada kendala yang dihadapi. Sebelum sampai di Gumuk Pasir, ada beberapa akses jalan yang bagus dijadikan spot foto. Kalau menggunakan motor, cobalah berhenti sejenak untuk mengabadikan momen-momen indah yang mungkin tak bisa diulang.

Seusai memasuki kawasan Pantai Parangtritis lanjut saja ke arah Pantai Parangkusumo. Lokasi Gumuk Pasir memang lebih dekat ke Pantai Parngkusumo. Nikmati perjalanan yang diiringi hembusan angin laut. Cium juga aroma air laut dan jadilah anak pantai.

Sepanjang mata memandang, terhampar gundukan pasir yang lembut.

Gumuk Pasir makin terkenal, setelah banyak postingan-postingan di media sosial yang menggambarkan keindahannya. Bukan hanya wisatawan yang memanfaatkan spot-spot foto di sana. Banyak juga pasangan yang akan menikah, melakukan foto pre wedding. Bahkan nama Gumuk Pasir makin terangkat karena banyak penyanyi melakukan shoting video klip di lautan pasir tersebut.

Saya pun termasuk yang penasaran untuk berkunjung ke Gumuk Pasir. Setelah tiba di sana dan memarkirkan motor, saya benar-benar takjub. Ternyata Yogayakarta tepatnya Bantul memiliki lautan pasir, tidak ubahnya seperti padang pasir di Afrika atau Timur Tengah. Cuma Gumuk Pasir punya kelebihan karena tekstur pasirnya lebih lembut.

Kita bisa memasuki kawasan Gumuk Pasir dari titik yang berlogo tulisan besar "Taman Gumuk Pasir". Di lokasi awal saja, sudah banyak spot-spot foto yang disediakan pengelola. Mulai dari susunan kayu yang membentuk lambang hati, ada juga ayunan, sampai ke bangunan dari bambu yang bertingkat.

Boleh saja wisatawan terus menjelajah gundukan-gundukan pasir yang lembut tapi ada beberapa hal yang perlu diingat. Misalnya mengenakan sepatu yang agak tinggi agar butiran pasir tidak mengotori telapak kaki kita. Atau sekalian saja tidak mengenakan alas kaki kalau memang berniat berkotor-ria dengan pasir-pasir di sana.

Gunakan juga topi. Kawasan Gumuk Pasir terbilang cukup terik. Cuaca yang panas juga, membuat kita cepat haus. Nah, alangkah baiknya kita membawa perbekalan air yang banyak. Di sana memang banyak warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Tapi kalau kita bawa perbekalan sendiri, akan lebih aman berjalan-jalan di lautan pasir lebih jauh lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline