Lihat ke Halaman Asli

Trisna

Berbagi tips & Trik seputar kesehatan

Tips Agar Terhindar dari GERD

Diperbarui: 16 Agustus 2020   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Fungsi Asam Lambung adalah untuk mencerna makanan, tetapi jika asam lambung diproduksi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan, Perubahan gaya hidup, dan pola makan penting dilakukan agar terhindar dari penyakit asam lambung atau yang lebih sering disebut sakit maag.

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).  Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam/pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar terhindar dari GERD:

  1. Hindari makanan pemicu dan mengatur porsi makan
    GERD biasanya disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak, karena makanan yang mengandung banyak lemak lebih lama dicerna oleh tubuh anda, Sehingga menyebabkan produksi asam lambung menjadi lebih banyak bahkan bisa naik sampai kerongkongan. Hindari pula mengkonsumsi kopi, minuman beralkohol, coklat, dan makanan pedas karena berisiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, usahakan makan dengan porsi kecil namun sering dan kunyah perlahan-lahan.

  2. Ubah Kebiasaan yang tidak sehat
    Merokok dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, selain itu hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan, beri jeda waktu setidaknya tiga jam agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

  3. Jangan menggunakan pakaian ketat terutama di bagian perut
    Hindari mengenakan pakaian yang ketat di bagian perut, karena dapat menekan lambung sehingga menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman, gunakanlah pakaian yang longgar.

  4. Hindari melakukan gerakan yang dapat menekan perut
    Tentu saja Anda tetap harus berolahraga agar selalu sehat. Namun, hindari melakukan gerakan yang mungkin memberi tekanan pada lambung, misalnya melompat atau bergoyang-goyang. Waktu olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukannya ketika baru selesai makan. Berikan jeda waktu sekitar 2-4 jam setelah selesai makan.

  5. Perbaiki pola tidur anda
    Jika anda kurang tidur maka tubuh anda mengeluarkan hormon stress yang dapat memicu terjadinya refluks asam lambung, Maka dari itu tidur cukup 8 jam perhari sangat penting agar penyakit anda tidak menjadi kronis

  6. Usahakan tidur dengan posisi kepala dan dada yang lebih tinggi
    Yang harus dilakukan adalah menaikkan posisi tubuh bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Tubuh bagian atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Jika hanya menambahkan bantal di belakang kepala, biasanya tidak efektif.

Ramuan herbal mungkin dapat menjadi cara alami dan efektif untuk mengurangi gejala GERD. Namun, perlu Anda ketahui bahwa khasiat dan efektivitas ramuan herbal tersebut belum didukung oleh penelitian dan bukti klinis yang memadai.

Ada salah Satu racikan alami yang bisa menjadi obat alami Dan efektif untuk mengurangi gejala GERD, racikan ini biasanya diminum satu jam sebelum makan agarrusak oleh asam lambung. dengan mengkonsumsi obat alami ini langsung masuk ke dalam usus kecil tidak kehilangan integritas molekulernya ketika melewati usus besar ke dalam aliran darah sampai mencapai tujuan akhir - Tcells. Ukurannya dari 3.000 - 6.000 Dalton terlalu kecil untuk dapat di rusak kualitasnya Dan langsung melaju tanpa halangan melalui jalur sistem limfatik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline