Lihat ke Halaman Asli

Pelangi Asa asterik

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University

Memanfaatkan Revolusi Industri 4.0 untuk Periklanan UMKM

Diperbarui: 4 Desember 2023   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Revolusi Industri 4.0 telah membuka peluang besar menuju kesempatan yang lebih luas bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) salah satunya di bidang periklanan. Dalam era ini semakin terhubung dengan yang namanya Digitalisasi, dimana nantinya peran Digitalisasi dan berbagai teknologi bagi UMKM sangat memungkinkan untuk membantu meraih pasar yang lebih luas dengan mengoptimalkan strategi periklanan yang cerdas.

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan perkembangan revolusi industri 4.0 untuk memasarkan produknya dengan membuat iklan di media online. Dengan membuat iklan di media online seperti Instagram, Tiktok, e-Commerce dan yang lainnya, dapat menjangkau audiens yang lebih luas serta dapat menekan biaya promosi. Selain dapat menjangkau audiens yang lebih luas, menekan biaya promosi, pelaku UMKM dapat berinteraksi langsung dengan konsumen melalui media online.

Dengan berkembangnya revolusi industri 4.0 ini, dapat memudahkan UMKM dan pelanggan dalam memasarkan dan membeli barang atau jasa yang di butuhkan. Melihat jaman sekarang pun orang-orang memiliki kebiasaan bermain sosial media, pelaku UMKM dapat memanfaatkan perilaku konsumen ini untuk memasarkan produknya.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu UMKM yaitu Wearloulou yang sudah secara aktif memanfaatkan dan merespon perkembangan era digitalisasi untuk mengiklankan produk-produknya, melalui berbagai macam platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok sebagai sarana memperluas jangkauan produknya. Dapat dilihat bahwa UMKM ini menggunakan dua media sosial populer sebagai panggung untuk mempromosikan produk-produknya untuk membangun citra merek yang kuat di setiap kalngan pengguna media sosial. Melalui konten-konten kreatif mengikuti yang sedang tren untuk mengundang audiens agar terlibat dan berinteraksi dengan produk mereka, serta menarik minat audiens untuk membeli produk tersebut.

Tindakan UMKM Wearloulou ini dapat di contoh bagaimana memanfaatkan Revolusi Industri 4.0, karena menunjukkan bagaimana memanfaatkan berbagai macam platform digital secara kreatif. Dengan cara ini, dapat memperluas, serta membantu lebih efektif untuk melihat segmentasi pasar dan target audiens mereka.

Dengan memahami dan memanfaatkan Revolusi Industri 4.0 dalam hal periklanan UMKM, sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas periklanan para UMKM dalam hal mencapai target pasar mereka ke arah yang lebih luas, serta dapat membantu untuk meningkatkan dan menciptakan citra merek produk yang kuat di dunia digitalisasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline