Lihat ke Halaman Asli

Zakaria Sandy Pamungkas

Guru Fisika yang tidak hanya gemar menyusun angka namun juga merangkai kata

SMA Islam Diponegoro Surakarta Membentuk Karakter Bangsa Melalui Ekstrakurikuler Panahan

Diperbarui: 8 Januari 2022   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumen Pribadi

Pada era globalisasi ini bangsa Indonesia menghadapi tantangan cukup berat, terutama dalam menghadapi era persaingan di segala bidang yang ketat. Untuk menghadapi tantangan tersebut, pendidikan memiliki peran yang penting dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia yang sehat, bugar, berprestasi, produktif, beretos kerja tinggi, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemuliaan. 

SMA Islam Diponegoro Surakarta merupakan sekolah yang terus berupaya dalam meningkatkan kompetensi generasi muda, tidak hanya melalui kurikulum sekolah namun juga melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler olahraga merupakan wahana yang efektif dan strategis dalam menciptakan generasi yang sportif dan madani. Salah satu ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMA Islam Diponegoro Surakarta adalah ekstrakurikuler panahan. 

Ekstrakurikuler panahan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mencetak generasi islami yang tangguh, sehat sehat secara fisik dan memiliki logika serta nalar yang baik untuk menyerap berbagai hal yang positif yang ada di sekitarnya. Hal ini sejalan dengan karakter olahraga panahan yang mengharuskan atlet untuk memiliki konsentrasi yang baik, fokus serta kemampuan menalar yang cepat. 

Ekstrakurikuler panahan di SMA Islam Diponegoro Surakarta juga bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi islami tentang olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Ekstrakurikuler panahan mampu membentuk karakter bangsa dikarenakan banyak pembelajaran yang diperoleh yaitu:

  • Melatih pengendalian emosi; Seorang pemanah harus benar-benar dapat menguasai atau mengendalikan emosinya karena stabilitas emosi sangat berpengaruh terhadap ketepatan sasaran.
  • Melatih kemampuan pengambilan keputusan; Cuaca, kelembaban udara, terpaan angin merupakan tantangan yang harus ditaklukan pada saat memanah. Pemanah harus mengambil keputusan yang tepat sesaat sebelum melepaskan panahnya ke sasaran ketika terjadi angin.
  • Melatih Kedisiplinan; sSetiap penguasaan dalam teknik-teknik yang dilakukan dalam ekstrakurikuler panahan mastng-masing siswa waktunya berbeda-beda, sehingga kedisiplinan sangat penting. Bagi siswa yang disiplin, maka akan cepat menguasai karena panahan selalu dituntut keajegan/ kontinuitas. Kedisiplinan tersebut apabila dilatih dalam ekstrakurikuler, juga akan bermanfaat pada kedisiplinan di tempat lain baik pada waktu di sekolah maupun keluarga.

Tujuan akhir ekstrakurikuler panahan terietak dalam peranannya sebagai wadah unik penyempurnaan watak, dan sebagai wahana untuk memiliki dan membentuk kepribadian yang kuat, watak yang baik dan sifat yang mulia; hanya orang-orang yang memiliki kebajikan moral seperti inilah yang akan menjadi warga masyarakat yang berguna. Bagi kalian yang ingin merasakan keseruan ekstrakurikuler memanah, bisa mendaftar di SMA Islam Diponegoro Surakarta yang telah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler panahan bagi putra dan putri dengan pendampingan dari tiga instruktur yang kompeten.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline