Lihat ke Halaman Asli

Pedulisehat.id

Platform Donasi Online Kesehatan No. 1 di Indonesia

Inilah Alasan Mengapa Anda harus Menghindari Junk Food!

Diperbarui: 22 April 2021   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hindarilah konsumsi junk food! (Sumber : blog.pedulisehat.id)

Makanan cepat saji atau yang biasa disebut dengan istilah junk food, saat ini telah mendapatkan tempat tersendiri di sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. 

Selain memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi dalam penyajiannya, junk food juga kerap kali dijadikan sebagai dasar dalam penilaian strata kehidupan bagi sebagian kalangan tersebut. 

Namun tahukah Anda, meskipun akan terlihat keren dan kekinian ketika Anda menikmati berbagai jenis junk food, efek bagi kesehatan tubuh yang ditimbulkan oleh junk food yang dikonsumsi secara berlebihan pun, akan membawa dampak yang negatif. 

Oleh karenanya bagi Anda para penggemar junk food, mulailah untuk mengubah kebiasaan dan gaya hidup yang Anda miliki saat ini.

Makanan cepat saji yang pada umumnya banyak beredar dikalangan masyarakat Indonesia, merupakan makanan yang mengandung banyak kalori, zat gula, serta kandungan lemak di dalamnya. 

Zat-zat inilah yang dapat menyebabkan para penggemar junk food dapat mengalami penumpukan kalori dan lemak, yang kemudian dapat membawa dampak berat badan yang berlebih. 

Obesitas serta kandungan zat gula dalam tubuh yang tidak dapat terurai dengan baik inilah, yang dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit diabetes melitus

Semakin sering Anda mengonsumsi junk food, terlebih jika tidak diimbangi dengan berolahraga secara teratur, maka selain obesitas penyakit penyertaan obesitas pun dapat mengancam kesehatan Anda.
 
Efek lain yang mungkin dapat disebabkan oleh tingkat konsumsi junk food secara berlebihan, antara lain:

1.Timbulnya Permasalahan pada Pencernaan
Kandungan serat yang minim pada makanan cepat saji yang saat ini banyak beredar di masyarakat Indonesia, memang dapat mengakibatkan penumpukan berbagai zat yang tidak bermanfaat pada dinding lambung. 

Penumpukan zat inilah yang dapat mengakibatkan produksi asam lambung menjadi lebih meningkat, akibatnya keluhan sakit perut pun terus menghinggapi pada penggemar berat junk food. Selain keluhan pada sakit perut, biasanya para penggemar junk food akut juga akan sering mengalami masalah sembelit, karena kurangnya serat dalam sistem pencernaan mereka.

2.Menjadi Pemicu Timbulnya dan Berkembangnya Sel Kanker dalam Tubuh
Berbagai kandungan zat kimia dalam junk food yang terlalu sering dikonsumsi, secara umum dapat merusak fungsi normal dari hormon yang ada dalam tubuh, dimana hormon inilah yang dapat menekan timbul dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline