Lihat ke Halaman Asli

Review Novel Perahu Kertas

Diperbarui: 20 Maret 2023   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Judul : Perahu Kertas 

Penulis : Dee Lestari 

Penerbit : Bintang Pustaka 

Tahun Terbit : 2008

Tokoh : Kugy, Keenan, Noni, Eko, Luhde Lakhsmi, Wanda, Remi 

      Menurut cerita dari Najla, novel kesukaannya yang berjudul Perahu Kertas mengisahkan tentang persahabatan, percintaan juga tentang idealisme seseorang. Cerita dari novel ini diawali dengan seorang tokoh yang bernama Keenan. Keenan dikisahkan menjadi seorang remaja laki-laki yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas  (SMA). 

      Keenan merupakan laki-laki yang cukup cerdas dan sangat bertalenta dalam bidang menulis, singkat cerita Keenan disuruh berkuliah di salah satu kampus yang ada di Bandung dan ia mengambil Fakultas Ekonomi. Dari perkuliahannya di Bandung tersebut Keenan bertemu dengan kugy. Kugy adalah sosok perempuan unik yang berpenampilan berantakan serta mempunyai hobi menulis cerita dongeng. 

      Pertemuan antara Keenan dan kugy berawal dari Eko dan Noni yang mana Eko merupakan sepupu dari Keenan sedangkan Noni merupakan sahabat Kugy sejak kecil. Kemudian Keenan, Kugy, Eko dan Noni bersahabat baik. Saat itu kugy sudah memiliki kekasih yang bernama Joshua dan Keenan yang saat itu belum memiliki kekasih akhirnya dicomblangkan oleh Eko dan Noni kepada Wanda. 

      Akhirnya Wanda dan Keenan berpacaran pada saat itu. kugy pun mengetahui hubungan antara Keenan dan Wanda tersebut, kugy merasa cemburu. Namun, ia pun sadar bahwa ia sudah memiliki seorang kekasih. Dari kejadian ini persahabatan antara mereka berempat yakni Keenan, Kugy, Eko dan Noni pun sedikit merenggang. Kugy memutuskan untuk mencari kesibukan baru, yaitu menjadi seorang guru relawan di sekolah yang bernama Sakola atlet semacam sekolah darurat. 

      Sementara itu, hubungan Keenan dan Wanda tidak berjalana baik-baik saja dan akhirnya putus karena Wanda merasa Keenan tidak mencintainya dengan sepenuh hati. Sejak itu Keenan merasa sakit hati dan Keenan memutuskan untuk meninggalkan Bandung lalu ia pergi ke Bali. Di Bali ia bertemu dengan Pak Wayan, lalu pak Wayan ini mempunyai keponakan yang bernama Budhe Laksmi. Budhe Laksmi bisa dibilang orang yang sangat berpengaruh karena berhasil menyembuhkan luka Keenan saat berada di Bali. 

      Tak lama dari sepeninggalan Keenan di Bali, Ayah Keenan pun jatuh sakit dan ia tidak bisa terus-menerus berada di Bali. Karena harus mengurus ayahnya, karena hal itu Keenan dengan berat hati harus kembali ke Jakarta untuk mengurus ayahnya yang sedang sakit. Sementara kugy, dia telah menemukan pasangan baru yang bernama Remi. Mereka semua merasa bahwa telah bertemu dengan orang yang tepat dan cinta yang sesungguhnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline