Lihat ke Halaman Asli

Peb

TERVERIFIKASI

Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Amerika Serikat Bukan Juara Sejati Olimpiade, Melainkan Brasil

Diperbarui: 9 Agustus 2021   04:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

suppoter tim Brasil. sumber gambar indosport.com

Negara pengumpul medali terbanyak Olimpiade Tokyo 2020 adalah Amerika Serikat, tapi mereka bukanlah juara sejati. Lalu, negara apa yang jadi juara sejati?

Adalah Brasil yang jadi juara sejati. Mereka tidak perlu minder terhadap Amerika Serikat sang juara umum Olimpiade Tokyo 2020, dan 10 besar negara-negara pengumpul medali terbanyak lainnnya. 

Walau Brasil "hanya" menempati urutan 12 dengan perolehan medali 7 emas, 6 perak dan 8 perunggu. Namun mereka bisa mengakhiri Olimpiade Tokyo 2020 dengan kepala tegak di antara negara-negara peserta. 

Amerika Serikat juara umum tanpa emas sepakbola. Sementara Brasil bukan juara umum, tapi jadi juara sejati Olimpiade 2020.  

Tim Brasil mengunci medali emas sepakbola putra dari "penjarahan"  negara-negara hebat lainnya yang berlomba meraih emas dari berbagai cabang olahraga.

Medali emas cabang olahraga sepakbola putra milik Brasil. Mereka dua kali berturut-turut merebut medali emas sepakbola putra ajang Olimpiade, yakni Olimpiade Tokyo 2020 dan Rio de Jenerio 2016. Hal ini cukup jadi bukti kesejatian mereka.

tim sepak bola Brasil melakukan selebrasi, sumber gambar kompas.com

Raihan medali emas sepakbola putra itu bikin Brasil bisa tersenyum lebar diantara banyak negara peserta Olimpiade Tokyo 2020. Kalau berjalan berpapasan dengan Amerika Serikat, bolehlah Brasil bercanda sembari mengejek mereka ; 

"Kalian boleh saja jadi juara umum dan meraih medali terbanyak, tapi itu semua kalian dapatkan dengan bekerja sangat sangat keras mengorbankan banyak atlet dari banyak cabang olahraga. Sementara kami cukup satu cabang saja dapat 18 medali emas". 

Sepakbola memang "cabang olahraga paling boros medali" karena satu tim sepakbola dimainkan 11 orang di lapangan, beserta 7 pemain cadangan di pinggir lapangan. Pada even tertentu, secara resmi satu tim sepakbola bisa berjumlah 22 pemain. Bila sebuah tim sepakbola meraih juara, maka semua pemain mendapatkan medali emas. 

Namun secara resmi tetap dihitung satu emas untuk tim sepakbola atau negara peraih emas tersebut.

suporter Brasil. Sumber gambar Reuters, dalam viva.co.id

Penggemar sepakbola merupakan yang terbesar di dunia. Konon jumlahnya mencapai 3,5 Milyard orang dari 7,5 jumlah manusia di dunia (sumber). Dengan meraih medali emas sepakbola, negara Brasil seperti memenangkan suara 3,5 milyar penggemar sepakbola dunia! 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline