Lihat ke Halaman Asli

Peb

TERVERIFIKASI

Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bolehkah Penumpang Pesawat "Minta Turun" dalam Perjalanan Penerbangan?

Diperbarui: 31 Oktober 2018   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar ; asumsi.co.id

"Setelah cukup lama, tiba-tiba aja para penumpang dipaksa masuk karena katanya mau engine checking, trial, percobaan," ujar Conchita Carolina. (sumber

Artikel ini tentang berbagi pengalaman saya, sekaligus jadi sebuah pertanyaan besar kepada pihak berwenang dalam transportasi udara.

Sebelumnya saya telah membaca beberapa pengalaman "horor" beberapa Kompasianer saat menumpang pesawat. Demikian juga  saya baca berita di media mainstream tentang pengalaman seorang artis bernama Conchita Carolina. 

Dia naik pesawat Lion Air bernomor PK-LQP rute Denpasar-Jakarta pada Minggu (28/10/2018) malam. Pesawat tersebut mengalami beberapa kali gangguan teknis saat akan take off. Pada akhirnya pesawat berangkat juga ke Jakarta dan tiba dengan selamat, walau selama penerbangan dia merasakan beberapa kejanggalan, terutama suara mesin pesawat yang terdengar "tidak biasa". 

Pesawat Lion Air inilah yang pada esok harinya Senin pagi, 29/10/2018, jatuh diperairan Karawang dalam perjalanan Jakarta-Pangkal Pinang.

*** 

airport.com

Saya jadi teringat pengalaman "horor" saat naik pesawat. Sebenarnya soal pengalaman "horor" naik pesawat sudah sering saya alami, bukan saja saat numpang Lion Air, melainkan maskapai penerbangan lain seperti Batavia Air, Sriwijaya Air, dan bahkan Garuda Air ke sejumlah provinsi. Setahu saya, pengalaman "horor" itu lebih disebabkan cuaca buruk saat pesawat berada di ketinggian tertentu. 

Dari beberapa pengalaman horor itu, yang paling Horor dan berkesan saat naik Lion Air tahun 2016 rute penerbangan Pontianak-Bandung. Keberangkatan jam 19.00. Waktu tempuh normal perjalanan sekitar 1 jam 30 menit.

Saat berangkat malam dari Pontianak, semua berjalan mulus. Udara cerah, dan soal mesin tidak ada gangguan.  

Saat penerbangan sudah mendekati 1 jam perjalanan, fase horor pun dimulai. Awalnya goncangan-goncangan kecil yang umumnya sering terjadi dalam penerbangan. 

Sebelumnya, pihak pilot pesawat sudah mengumumkan bahwa pesawat akan memasuki "kondisi cuaca yang kurang baik". Jadi penumpang diminta kembali ke tempat duduk masing-masing dan memasang sabuk pengaman. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline