Lihat ke Halaman Asli

Peb

TERVERIFIKASI

Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Luka Batin Publik pada Golkar Jelang Reshuffle Kabinet Jokowi

Diperbarui: 14 Januari 2016   06:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 [caption caption="sumber gambar ; http://cdn.tmpo.co/data/2014/04/12/id_280431/280431_620.jpg"][/caption]Adakah luka tanpa kesembuhan?
Apakah di batin yang pernah terluka bisa terbangun kepercayaan baru ?

Luka fisik tubuh seseorang dapat sembuh dalam waktu cepat dengan tindakan medis yang tepat. Selalu ada obat terbaik. Waktu kesembuhan pun dapat diperkirakan. Namun bagaimana dengan luka batin rakyat oleh ulah Politikus?

Partai Golkar dan luka batin publik

Masih belum pupus dalam ingatan akan atraksi politis terbaru partai Golkar di hadapan publik. Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) diduga mencatut nama Presiden untuk mendapatkan saham Freeport. Kejadiannya tak berselang jauh saat beliau bertemu tokoh kontroversial Donald Trump di Amerika. Dua hal itu telah menjadi 'Kasus Besar' yang bikin malu dan heboh. Publik dibuat sangat kecewa dan marah. Timbul rasa geram, antipati dan bahkan sumpah serapah terhadap Setnov dan partai Golkar.

Pada kasus 'Trump' ini, Setya Novanto (Golkar) 'hanya' mendapatkan sangsi peringatan 'lisan'. Sebuah sangsi etika berkelas 'ringan'. Sementara pada pencatutan nama presiden bahkan tidak ada sangsi yang jelas sementara pengadilan etika sudah menampakkan hasil bahwa Setya Novanto 'bersalah berat'.

Sebuah manuver politik cerdas namun licik dilakukan partai Golkar menyelamatkan mukanya. Skenario begitu rapi tersusun. Aksi dilakukan sangat jeli. Partai Golkar bisa menjadikan Setya Novanto luput dari sangsi kelembagaan DPR.

Publik dibodohi oleh aksi heroik kelompok Golkar ulah tak etis pemimpinnya. Tidak ada stempel bersalah bagi Setnov walau publik jelas menyaksikan pengadilan etika bahwa dia bersalah. Celakanya, setelah mengundurkan diri dari ketua DPR, Golkar tetap menjadikan dia pemimpin, yakni di fraksi. Soal kesalahannya yang terpampang di publik seolah tak digubris Golkar.

[caption caption="Sumber gambar ; http://www.sesawi.net/wp-content/uploads/2011/09/luka-batin.jpg"]

[/caption]Apa yang telah dipertunjukkan Golkar melukai batin rakyat. Keadilan dihina. Presiden dilecehkan. Keberadaan lembaga DPR direndahkan. Dan publik selaku pemberi mandat tidak dianggap sama sekali. Sungguh sebuah luka batin yang menganga besar, tanpa rakyat bisa berbuat banyak. Hanya bisa menerima sambil kesakitan dan mengaduh di dalam hati.

Namun apa yang kemudian terjadi?

Kini Golkar dikabarkan akan merapat ke pemerintahan Jokowi. Mereka berbaik-baik terhadap Presiden Jokowi yang dulunya mereka lecehkan. Mereka ingin bergabung membangun negara bersama pemerintah. Tidak ada permintaan maaf terbuka kepada Presiden sebagai awal 'bekerja sama'. Tidak ada pengakuan bersalah sebelum 'bertobat' ingin bergabung membantu pemerintahan yang berkuasa. Lagi-lagi Rakyat dibuat tersakiti.

Luka batin sulit sembuh, namun bukan berarti tak bisa dikendalikan agar tak menghambat langkah menuju masa depan. Demikian juga luka batin rakyat. Luka batin politik pemerintahan Jokowi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline