Lihat ke Halaman Asli

Pebia Tasya

Universitas Kristen Indonesia

UKI Company Visit di Pemprov DKI Jakarta!!

Diperbarui: 25 Juni 2024   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

camera fisipol UKI

Jakarta, Rabu 5 Juni 2024 adalah kunjungan kami, Universitas Kristen Indonesia khususnya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relations angkatan ’22 melakukan Company Visit  ke Pemprov DKI Jakarta yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan 8-9, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Kampanye Kehumasan yang dimana kelas kami di ampu oleh dosen yaitu Ibu  Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A. kegiatan  Company Visit ini juga bagian dari kerja sama yang dilakukan antara dosen pengampu dengan dosen praktisi yaitu Bapak Syali Gestanon S.Sos. yang menjabat sebagai Kepala Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, Dinas Komunikasi Informsi dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

camera fisipol UKI

Dengan jumlah sekitar 45 mahasiswa, kami menggunakan transportasi yang disediakan oleh kampus UKI yaitu bus untuk menuju ke kantor Pemprov DKI Jakarta. Setibanya di Pemprov DKI, kami disambut sangat baik dengan karyawan Pemprov dan kami diantar ke lantai 3 tempat kami duduk di tengah-tengah ruangan yang dikelilingi oleh ruangan kantor dinas Komunikasi  Informatika dan Statistik. Pada pukul 09.00 dosen praktisi kami, Pak Syali memaparkan materi yang beliau siapkan yang membicarakan tentang praktik kerja pada dinas Komunikasi Informatika dan Statistik itu sendiri.

Penjabaran yang dilakukan oleh Pak Syali menjelaskan seputar bidang informasi publik yang di dalamnya berisi pengelolaan informasi publik, pelayanan informasi publik, dan pengelolaan opini dan aspirasi publik. Beliau mengatakan informasi publik adalah orang atau pekerjaan yang bekerja di belakang dalam mengatur informasi guna menganalisa berita atau informasi, selanjutnya pada pengelolaan opini dan aspirasi publik adalah pekerjaan yang me-monitoring dan analisis isu pemerintah. Pak syali juga menjelaskan bahawa pada pekerjaanya, dalam menganalisis sebuah komunikasi publik, hal itu memiliki alur. Isu kebinakan program pemerintah, Penyusunan strategi komunikasi dan editorial plan, Pembuatan konten dan kordinasi dengan opd terkait, Diseminasi pesan melalui kanal media sosial merupakan alur komunikasi yang disampaikan. Begitupun ia menyampaikan Infografis dan motion grafis menjadi media yang saat ini pemprov lakukan untuk dapat memberikan informasi. Produk Layanan Hubungan Masyarakat (LHM) yang merupakan program dari DisKomInfo Pemprov memiliki berbagai jenis yaitu Media release, Media visit, Konfrensi press, Media buying.

camera fisipol UKI

Setelah pemaparam materi yang dilakukan oleh Pak Syali dan Ibu Marshelia mengenai praktik kampanye kehumasan, kami mahasiswa diajak untuk mengelilingi sekitaran kantor dinas Komunikasi Informatika dan Statistik. Setelah mengenal pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan pada dinas tersebutm kami juga diajak mengunjungi kantor Jakarta Smart City. Disana kami juga dijelakan sedikit mengenai hal yang dinaungi oleh Jakarta Smart City. JAKI merupakan aplikasi yang dibuat oleh Jakarta Smart City yang berisi beragam akses informasi resmi dan berbagai layanan dari pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta. Melalui JAKI pengguna aplikasi dapat mengakses informasi resmi seputar jakarta langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Setelah selesai melakukan Company Visit, kami melakukan kegiatan selanjutnya yaitu mengambil foto-foto dan Video untuk membuat konten di depan Pendopo yang menjadi tempat Iconic-nya Pemprov DKI Jakarta.  Saat semua kegiatan bebas selesai, kami kembali ke bus untuk perjalanan pulang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline