Lihat ke Halaman Asli

Slifer Sky

Penulis freelance yang ingin membagi tulisannya

Tips Lancar Internetan di Smartphone Pakai Jaringan Selular

Diperbarui: 18 Mei 2021   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Internet sudah menjadi kebutuhan semua orang hari ini. Tak hanya untuk keperluan entertainment saja, tapi juga untuk bekerja. Beberapa jam saja tanpa internet maka yang akan terjadi adalah hal-hal buruk. Khususnya mereka yang bekerja berdasarkan koneksi. Entah itu online shop atau pekerjaan yang berhubungan dengan IT.

Internet sendiri bisa diakses dari mana saja, tapi penggunaan terbanyak adalah melalui smartphone. Hal yang tak menyenangkan soal internetan di smartphone adalah kadang lemot, khususnya jika memakai jaringan selular. Jika kamu mengalami hal semacam ini berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Pertama adalah cari provider selular yang kecepatan internetnya paling tinggi. Di Indonesia ada banyak pilihan, termasuk paket telkomsel yang dikenal ngebut. Jika kamu sudah memilih provider yang pas, maka setengah masalah internetan lemotmu sudah teratasi.

Kedua yakni dari si smartphone sendiri. Usahakan untuk smartphone tidak lemot. Caranya bisa dengan menutup aplikasi tak terpakai yang sedang berjalan di belakang. Bisa juga dengan membersihkan cache yang kadang bikin berat. Jika masih belum gegas, bisa juga dengan cara restart si smartphone.

Cara berikutnya mungkin cukup tradisional tapi kadang berhasil, yakni dengan mencopot kartu SIM. Ketika dirasa internet sedang lemot, coba saja matikan hape mu kemudian copot kartu SIM, bersihkan sedikit lalu kemudian pasang kembali. Meskipun agak unik, tapi kadang cara ini cukup ampuh lho.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline