Lihat ke Halaman Asli

Akmalul Insan

Mahasiswa

Yang lagi Stres Kerja, Kenali Faktor-faktornya

Diperbarui: 4 November 2021   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sering kali kita merasakan kejenuhan dalam melakukan pekerjaan, apalagi pekerjaan itu semakin hari semakin berat, yah namanya manusia punya batas lelah masing, tapi manusia mana yang tidak lelah jika selalu mengerjakan pekerjaan tanpa henti, manusia bukanlah robot yang selalu bekerja sesuai perintah, bahkan robot pun bisa panas jika terus menerus bekerja.

Itulah yang dinamakan stres kerja, dimana kita terus menerus melakukan pekerjaan, dan merasa jenuh, tertekan dan banyak beban, ketika seseorang sudah merasakan stres kerja, maka banyak yang dia butuhkan, istirahat mungkin bisa jadi salah satu solusinya, supaya tidak ada stres yang berkepanjangan yang dirasakan oleh karyawan, atau perusahaan mengadakan cuti bersama untuk tidak terlalu fokus kepada pekerjaan .

Ada beberapa faktor yang membuat stres kerja di antaranya faktor lingkungan, lingkungan yang rusuh tak terkoordinir akan membuat seorang karyawan yang jenuh semakin tertekan dengan keadaan yang rusuh, karena keadaan yang seperti itu maka otak yang panas akan bertambah panas, dengan keributan, panasnya cuaca dan beberapa keributan dari pembicaraan-pembicaraan yang ribut.

Ada juga faktor organisasi yang membuat karyawan semakin tertekan, di mana organisasi tak terpegang dengan baik, tak terkontrol dengan baik, sehingga efek yang dirasakan bisa membuat  karyawan semakin panas, dari manajer yang tak paham akan sebuah organisasi, sampai karyawan yang tak paham jobdesk yang harus dia kerjakan.

Satu lagi faktor individu, di mana seseorang mempunyai masalah pribadi dan terbawa emosi sehingga membaur dengan masalah dalam pekerjaan, itu akan menambah stres kerja yang dapat membuat seorang lebih emosi. jika memang sudah banyak masalah mungkin seorang keryawan harus lebih mengatur emosi agar tidak terjadi stres yang berlebihan baik di dalam kehidupan pribadi  maupun di dalam pekerjaan.

banyak faktor yang menyebabkan stres berlebihan dalam bekerja, seharusnya kita menghindari hal itu terjadi, setiap orang mempunyai kadar emosi tersendiri dan berbeda-beda, ada yang mudah emosi ada yang bersikap tak acuh terhadap masalah yang sedang terjadi, nah kamu tim yang mana?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline