Lihat ke Halaman Asli

Susy Haryawan

TERVERIFIKASI

biasa saja htttps://susyharyawan.com eLwine

Simalakama Permintaan Bahrain

Diperbarui: 17 Oktober 2024   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tribunnews

Simalakama Permintaan  Bahrain

Buntut pertandingan viral 90+6 menjadi 99 dan menahan seri Indonesia, belum juga berakhir. Padahal pertandingan sudah berganti dengan game lainnya, masih saja berkelanjutan. Usai pertandingan lain, kisah Bahrain versus Indonesia masih menelorkan drama babak baru.

Setelah MAP di Bahrain diganti oleh netizen Indonesia, mereka mengajukan pertandingan di tempat netral. Hal yang bisa menjadi simalakama. Mengapa?

Netizen Indonesia sangat "rajin" dalam merujak siapa saja yang dianggap ngawur. Hal ini bisa menjadi bumerang bagi keberadaan timnas Indonesia sendiri. Permintaan Bahrain sangat mungkin dikabulkan FIFA dan AFC.

Desas-desus yang menuding AFC ada main bisa jadi beneran dan memindahkan pertandingan ke tempat lain. Ingat, mereka   bisa memperpanjang waktu sampai menciptakan gol dan pertandingan berakhir seri. Jika merunut dugaan ada main antara federasi dan wasit, hal yang sama  bisa terjadi.

Jika Indonesia bersikeras tidak mau pindah pertandingan dan tidak datang berarti akan diberi kekalahan 3-0. Malah merugikan timnas Indonesia sendiri. Mengapa sangat mungkin ada pemindahan tempat pertandingan?

Alasannya sangat jelas, keamanan pemain. Hal yang sangat dijaga federasi. Apalagi Oman dari mana wasit berasal juga sudah mengutuk keras perilaku ugal-ugalan warganet Indonesia. Berarti minimal ada kekuatan bagi Bahrain dalam mengajukan gugatan dan keberatan ini. Indonesia malah belum ada pembelaan sekuat ini.

Sekjend AFC yang berasal dari negeri serumpun Malaysia saja mempertanyakan protes Indonesia. Jika ini direspon dengan cara yang sama sebagaimana menyerang wasit Oman dan keberadaan pemain Bahrain, sangat mungkin malah makin menyudutkan keberadaan timnas Indonesia.

Kondisi yang makin berat, artinya serinya Bahrain itu bagi banyak pihak normal, sah, dan sudah tidak bisa diganggu gugat. Sudahlah, tatap saja pertandingan selanjutnya, itu jauh lebih penting. Ulah yang maaf kekanak-kanakkan ala warganet ini malah kontraproduktif bagi perkembangan timnas yang lagi bagus-bagusnya.

Berharap bahwa Bahrain tidak mau datang dan memperoleh kemenangan WO 3-0 bisa jadi malah sebaliknya. Ini berdasar dari analisis warganet sendiri. Mengatakan, bahwa AFC mafia, ketua AFC dari Bahrain, uang mereka tidak terbatas, dan sebagainya. Nah, sangat mungkin mereka malah bisa membuat keberadaan tim Indonesia yang kembali mendapatkan posisi sulit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline