Lihat ke Halaman Asli

Susy Haryawan

TERVERIFIKASI

biasa saja htttps://susyharyawan.com eLwine

Jebakan Jokowi Tiga Periode, Politik Kebo Ijo, Siapa yang Untung?

Diperbarui: 7 April 2022   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jokowi: KompasTV

Jebakan Jokowi Tiga Periode, Politik Kebo Ijo, Siapa yang akan Untung?

Menarik, wacana Jokowi tiga periode itu makin memanas. Narasi yang ada begitu luar biasa. Usai ada yang mengusulkan perpanjangan masa jabatan, dengan menunda pemilu, kini malah memperpanjang masa jabatan.  Sejak lama saya tidak setuju tiga periode dengan alasan sebagai berikut.

Mengubah peraturan demi kepentingan sesaat. Iya kalau baik mesti lebih bagus, kalau malah menjadi buruk? Ingat pengalaman masa lalu, Bung Karno, Soeharto, mosok mau diulang lagi. Pas pemimpinnya jelek dan bisa menang lagi, rakyat mau apa?

Kaderisasi perlu kerelaan. Masih banyak generasi berikut yang bisa memimpin. Jangan hanya melihat satu-satunya orang baik dan berprestasi. Siapa sih sangka Jokowi bisa seperti sekarang sebelum memimpin Solo menjadi lebih baik? Ini soal kesempatan dan panggung.

Iya kalau Jokowi menang. Kalau kalah? Ini menghancurkan reputasi yang sudah digalang dan dibangun. Jangan naif, ingat pilkada DKI, seolah semua mudah bagi Ahok dengan capaiannya. Toh bisa dijungkirbalikan, apa yang tidak bisa terjadi sih di negeri ini?

Merusak nama baik dan ada pembenar untuk membatalkan semua program yang sudah berjalan selama ini. Ramai-ramai mengatakan   itu mangkrak dan tidak perlu dilanjutkan.

Apalagi karir politik anak dan menantu Jokowi pasti juga akan ikut rusak. Padahal sedang menapak di jalan yang masih sangat dini. Sangat disayangkan jika tergoda untuk mau tiga periode. Memang sudah mengatakan menolak, namun namanya orang politik, terutama parpol miskin kader bisa jadi masih akan terus memaksakan pendapatnya ini.

Politik Kebo Ijo

Klasik, sejarah membuktikan, bagaimana Ken Arok bisa naik tahta dengan korban dan tumbal Mpu Gandring dan pelaku lapangan Kebo Ijo. Identik dengan kisah '65. Bagaimana pihak yang untung itu bukan siapa-siapa di kancah politik masa itu. Siapa yang koar-koar untuk bisa berkuasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline