Lihat ke Halaman Asli

Susy Haryawan

TERVERIFIKASI

biasa saja htttps://susyharyawan.com eLwine

Budaya Feodal di Peringatan 108 Harkitnas

Diperbarui: 20 Mei 2016   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kemarahan Seorang Gadis karena Stiker Militer, Lion Air Menggertak Pemerintah

Beberapa saat lalu, jagad dunia maya dihebohkan ada anak sekolah menengah atas menggertak polwan, dan usai begitu saja. Pelanggaran dibiarkan melenggang. Kemarin hal yang mirip juga terjadi, seorang gadis muda marah karena stiker militer di mobilnya dilepas oleh petugas saat ada operasi penegakan hukum. Akhirnya sama saja, melenggang dengan pelindung berpangkat melati tiga. Wah makin keren saja dinamika anak muda kekinian. Eh hari-hari ini, perusahaan yang sering kali menjadi bahan karena banyaknya persoalan, kali ini pemerintah menerapkan hukuman tegas, langsung melayang laporan ke kepolisian.

Gaya feodalisme Masih Begitu Kuat

Bagaimana pejabat itu memiliki “kelas atau kedudukan” tersendiri sehingga sering bisa berbuat aneh-aneh dan aman. Melanggar hukum karena berseragam bisa melenggang, dulu militer naik angkutan umum tidak bayar, eh sekarang malah anak, kerabat, pembantu, dan siapa saja yang menempel stiker di plat nomornya bisa “menggertak” polisi untuk meloloskan diri. 

Budaya ini harusnya bukan menjadikan bangga malah malu untuk melindungi pelanggar. Hal ini budaya yang sangat memalukan bukan malah bangga dengan itu. Bangga melanggar dengan pelindung pangkat. Senada dengan hal ini adalah arak-arakan motor besar. MEMALUKAN, mereka mengambil jalur lawan arah malah memajukan kaki, lha memangnya kakinya dari baja? Harusnya orang mampu beli motor ratusan juga, itu bukan orang sembarangan, kaya, tentu berpendidikan, atau berpengalaman, malah minta prioritas, kalau tidak dikawal polisi, ngamuk kalau ada yang dilewati tidak mau mengalah, apa bedanya dengan penjajahan dulu? Ini negara sendiri semua setara kog, masih ada yang petentang-petenteng,minta fasilitas.

Pihak-pihak yang harusnya memberi contoh malah memberikan yang buruk, dan kadang orang sederhana yang memberikan inspirasi positif. Pejabat yang lewat harus disambut dengan meriah, lha ini kan negara sendiri, apa beda dengan negara jajahan? Bolehlah menyambut dengan upacara, namun bukan berlebihan apalagi dengan militer siap tembak secara berlebihan. Ini negar sendiri lho.

Preman Berdasi dan Kuasa Bisa Apa Saja.

Dulu federasi penthung bisa membubarkan acara keagamaan yang berbeda dengan mereka. Banyak pejabat masuk ke lembaga lain untuk minta upeti dan sebagainya. Jangan heran kalau semua level hal demikian biasa. Sekarang sedikit beradab dengan apa-apa tuntut ke polisi dan pengadilan dengan kata sakti pra duga tak bersalah. 

Hari-hari ini Lion Air, sebuah maskapai penerbangan yang bisa melakukan pergantian jam terbang sesuka hati dan bisa melenggang sekian lama. Kemenhub kali ini tegas memberikan hukuman karena telah melakukan pelanggaran yang cukup berbahaya, hukuman sebagai pembinaan bisa dianggap sebagai bentuk pelanggaran hukum dan dibawa ke polisi. Bagaimana negara bisa kalah oleh kelompok, termasuk preman? Karena negara selama ini memang takut dan selalu diam menghadapi kelompok dan rekannya asal lancar upeti.

Atas Nama Kebebasan Berekspresi, Menghujat dan Merusak 

Ini sangat memalukan apalagi dilakukan oleh orang-orang berpendidikan. Mahasiswa kog ngamuk, lha mana intelektualitasnya? Kalau hanya mengandalkan otot apa beda dengan preman yang gontok-gontokan mencari lahan dan makan? Memalukan sebagai negara demokrasi, negara besar, dan negara maju. Apa yang mau diharapkan dari mahasiswa model demikian? Peringatan hari nasional yang fenomenalpun diwarnai dengan merusak fasilitas negara, mengapa tidak pernah mengutuk maling berdasi? Sikap kritis yang sama sekali tidak pada tempatnya. Jangan heran kalau jadi pejabat maling, menekan pihak lemah, dan mencari keuntungan sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline